Harga Murah, Semangka Laris Untuk Dihidangkan Saat Berbuka Puasa

597
Image by beritadaerah.co.id

kabartuban.com – Bulan Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi pedagang buah Semangka. Pasalnya, dengan cuaca yang panas seperti saat ini menjadikan buah semangka laris manis di pasaran.

Ismail, salah seorang pedagang Semangka di Pasar Baru Tuban menuturkan, saat ini tengah memasuki musim panen Semangka. Sehingga harga Semangka yang dijualnya sangat terjangkau. Semangka warna kuning dijual dengan harga Rp 5.000-6.000 per kg, Semangka tanpa biji Rp 6.000-7.000 per kg dan Semangka berbiji lokal Rp 5.000 per kg.

“Apalagi beberapa hari terakhir ini cuaca panas, sehingga banyak yang mencari semangka untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Harga semangka lagi murah, karena petani banyak yang panen,” terangnya kepada kabartuban.com, saat ditemui di kiosnya, Sabtu (11/6/2016).

Ismail melanjutkan, Permintaan buah Semangka di bulan puasa ini meningkat tajam. Dalam satu hari, ia mampu menjual hingga 60 buah semangka, padahal hari biasa ia hanya mampu menjual sekitar 30 buah.

“Padahal pada hari biasa semangka yang laku hanya 20 hingga 30 buah saja, itu sudah banyak. Kita bersyukur belakangan ini permintaan buah semangka melonjak,” paparnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Wati yang juga pedagang buah semangka di Pasar Baru Tuban mengaku permintaan semangka melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir. Belakangan ini kata dia, buah Semangka banyak dicari konsumen, karena cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

“Alhamdulillah, permintaan buah semangka meningkat. Apalagi di bulan puasa ini, semangka biasanya dihidangkan saat berbuka puasa dan bisa diolah menjadi jus. Pasokan buahnya juga lancar, karena banyak petani yang sedang panen Semangka. Makanya di mana-mana banyak yang jual Semangka keliling. Pembeli kita juga tetap banyak,” ungkapnya.

Wati menuturkan, para pembeli mengaku lebih suka mengonsumsi Semangka dibanding buah lain saat buka puasa, karena rasanya yang manis dan kandungan airnya yang tinggi.

“Kalau bulan puasa banyak yang nyari semangka. Kita bisa jual buah semangka lebih banyak dari hari biasa. Bulan puasa ini mendatangkan rezeki bagi kami,” tutupnya. (har)

/