Hari Jadi ke-77 Jatim, Khofifah: Nikmati Bus Trans Jatim Gratis Satu Hari Penuh Sebagai Kado

64
foto: Khofifah indar parawansa saat menaiki bus trans Jatim

kabartuban.com – Masyarakat Jatim, khususnya yang tinggal di wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Gresik dapat menikmati bus Trans Jatim secara Cuma-Cuma pada Rabu (12/10/2022) besok. Hal ini berkaitan dalam rangka peringatan Hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pembebasan tarif yang diberikan selama satu hari penuh ini merupakan kado bagi warga Jatim melengkapi berbagai macam program dan layanan dalam rangka Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim.

“ Di peringati Hari Jadi ke-77 Jatim besok, layanan Bus Trans Jatim bebas selama satu hari penuh. Bagi warga Surabaya, Sidoarjo, Gresik, monggo memanfaatkan moment ini untuk jalan-jalan ataupun untuk kepentingan yang lain,” kata khofifah, Selasa (11/10/2022).

Sebagaimana diketahui, sejak diluncurkan pada pertenggahan Agustus lalu, telah ada sebanyak 22 armada Bus Trans Jatim yang saat ini beroperasi.

Berangkat dari Terminal Porong Sidoarjo, bus Tras Jatim Koridor I ini beroperasi melewati Terminal Purabaya dan berakhir di Terminal Bunder Gresik. Begitu juga untuk rute sebaliknya.

Di hari-hari biasanya, Bus Trans Jatim bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk umum hanya Rp 5.000, sedangkan untuk pelajar sekolah atau santri Rp 2.500.

Dilansir dari laman beritajatim.com, lebih lanjut Khofifah menjelaskan, layanan gratis sehari penuh memang hanya untuk besok. Namun, masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Jawa Timur, Pemprov Jatim juga menghadirkan promo menarik.

“Sampai dengan akhir Oktober 2022, bagi penumpang bus Trans Jatim akan diberikan cashback 100 persen apabila pembayaran tiket menggunakan aplikasi TRANSJATIM-AJAIB (Aplikasi Jatim Informasi Bus),” tandasnya.

Dengan sejumlah fasilitas promo yang diberikan dalam rangka Hari Jadi Jatim, Khofifah yakin bahwa minat masyarakat menggunakan transportasi umum bus Trans Jatim akan semakin meningkat.

Baca Juga: Meresahkan, Ular Piton 3,5 Meter Berhasil di Amankan Petugas Damkar Tuban

Terlebih dengan fasilitas keamanan di setiap armada bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

Seperti teknologi AI yang terpasang di beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

Dimana perangkat seperti DSM dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga adanya perangkat ADAS dan indicator R-Watch dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan atau jika terjadi potensi tabrakan depan.

Bus ini akan singgah di 17 halte, di sepanjang jalur Sidoarjo-Gresik yakni Halte Terminal Porong, Halte Gedang, Halte Tanggulangin, Halte Keramean, Halte Terminal Larangan, Halte Lemah Putro, Halte Alun-Alun Sidoarjo, Halte Sun City I, Halte Pondok Mutiara, juga Halte Bungurasih.

Selanjutnya, akan singgah di Halte Romokalisari I, Halte Gelora Joko Samudera I, Halte BNI I, Halte RS Semen Gresik I, Halte Universitas Muhammadiyah Gresik I, Halte Kantor Bupati Gresik I, dan berakhir di Halte Terminal Bunder Gresik.

Bus Trans Jatim akan beroperasi sejak pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Dengan waktu transit di pagi hari sekitar 10-15 menit sedangkan siang hingga sore 15-20 menit di setiap halte.

“Dengan hadirnya transportasi publik yang bisa mengakomodasi masyarakat ini, maka kita turut membantu mengurangi gas emisi juga. Naik Bus Trans Jatim lebih aman, lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Jadi, jangan ragu lagi, ayo gelorakan semangat naik angkutan umum dan nikmati promo menariknya,” pungkas Khofifah. (nat/mel)

 

/