Haul Masyayikh Ponpes Langitan, Ribuan Peziarah Padati Area Makam

160
Para pengunjung haul Langitan

kabartuban.com – Ribuan peziarah berdatangan dan memadati area pejalan kaki di sisi kanan maupun kiri jalan area Ponpes Langitan dalam rangka puncak Haul Masyayikh Pondok Pesantren Langitan ke-52, Kamis (8/9/2022).

Pantauan reporter kabartuban.com di lokasi, kepadatan pengunjung makam mengular mulai dari area pondok hingga makam yang jaraknya kurang lebih 200 meter.

Walau harus berdesak-desakan, hal tersebut tak menyurutkan niat para peziarah untuk mendoakan para kiai yang ada di makam. Tidak hanya peziarah Tuban saja yang datang, melainkan banyak juga peziarah yang berasal dari luar daerah seperti Bojonegoro, Lamongan dan kebanyakan mereka merupakan santri maupun alumni ponpes tersebut.

Siti (50) salah satu peziarah yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro mengaku sangat senang karena akhirnya setelah pandemi Covif-19 melandai akhirnya Haul Akbar Masyayikh Ponpes Langitan bisa terlaksana kembali.

“Kalau nggak salah dulu kan dibuat virtual gitu ya jadi tahun kemarin saya tidak kesini, tapi setelah Covid-19 sedikit mulai hilang lah ya istilahnya jadi diadakan lagi dan sangat senang bisa kesini,” tuturnya.

Selain Siti, peziarah lain yakni warga Desa Widang juga mengatakan hal yang sama, Suwitno (50) mengaku jika memang Haul Langitan sudah menjadi tradisi dirinya bersama dengan keluarga besar untuk berziarah.

Baca Juga: Sebanyak 203 Personel Polres Tuban Diturunkan Dalam Puncak Haul Ponpes Langitan ke-52

“Memang sudah menjadi tradisi untuk seluruh keluarga besar hadir ke acara Haul Langitan untuk berziarah kesini,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, berkah dan rezeki pun juga dirasakan oleh penjaja makanan minuman serta pernak pernik yang merapat sekitar lokasi haul. Sebagaimana dirasakan, salah satu penjual dodol/jenang asal wilayah Kabupaten Jombang bernama Tatik (48)

“Alhamdulilah ramai banyak yang beli, apalagi jenang capit ini kan paling diburu oleh para peziarah yang datang,” tuturnya. (hin/nat)

/