HUT Jatim ke-77 Tak Jadi Gelar Pesta Rakyat, Khofifah: Masih Dalam Suasana Berkabung

25
Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur)

kabartuban.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang ke-77 akan diperingati pada 12 Oktober 2022. Peringatan hari jadi Provinsi Jatim tahun ini mengusung tema “Optimis Jatim Bangkit”.

Sejarah penetapan hari jadi Jatim berdasarkan pada Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1950, yang telah diubah dengan Undang–Undang Nomor 18 Tahun 1950 tentang Perubahan atas Undang–Undang Nomor 2 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, menetapkan tanggal 12 Oktober 1945 sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur menjadi satu dari delapan provinsi yang dibentuk di awal kemerdekaan Indonesia. Gubernur Jawa Timur ditetapkan pada 12 Oktober 1945 yaitu R.M.T.A Soerjo. Penetapan hari jadi Provinsi Jatim menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, penetapan ini juga untuk kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan, keterikatan batin rakyat, lembaga politik, sosial, keagamaan, budaya, keuangan dan perekonomian, ketatanegaraan dan pemerintahan.

Baca Juga: LBH KP Ronggolawe Bersama BNNK Tuban Adakan Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Selanjutnya HUT Jatim juga menjadi sarana untuk menunjukkan jati diri Provinsi Jawa Timur yang memiliki keunggulan kualitatif, komparatif dan kompetitif yang dapat memacu pertumbuhan dan pengembangan pembangunan di wilayah tersebut.

Secara hukum, adanya petunjuk tentang pembentukan, tata cara pembentukan, kedudukan, wilayah pemerintahan, pusat pemerintahan, penyelenggara pemerintahan, urusan pemerintahan menjadi tanda dimulainya pemerintahan Provinsi Jawa Timur saat itu.

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007, untuk memperingati HUT Jatim setiap tahunnya, Pemprov, Pemkab dan Pemkot wajib menyelenggarakan upacara bendera dan kegiatan peringatan lainnya.

Peringatan HUT Provinsi Jatim ke-77 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur bakal menggelar upacara hari jadi provinsi ke-77 di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 12 Oktober 2022.

Sebelumnya Pemprov Jatim membuka 770 undangan untuk menghadiri upacara. Namun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan pesta rakyat yang semula akan digelar dalam rangkaian peringatan HUT Jatim dipastikan ditiadakan sebagai wujud berkabung atas insiden di Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan warga Jawa Timur meninggal dunia.

“Tim panitia hari jadi Pemprov Jatim, memutuskan untuk meniadakan sejumlah kegiatan mengingat saat ini masih dalam suasana berkabung yang mendalam atas insiden di Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan warga Jawa Timur menjadi korban meninggal dunia,” ujar Gubernur Khofifah seusai memimpin upacara ziarah di Makam Gubernur Pertama Jatim, Gubernur Soerjo di Magetan, Kamis (6/10/2022), dikutip dari Antara News.

Selain itu, yang semula di dalam flyer undangan telah diumumkan bahwa Pemprov Jatim akan menghadirkan penyanyi cilik asal Banyuwangi Farel Prayoga, untuk sementara juga akan ditunda terlebih dahulu.

“Tiga hari lalu kami sudah bermusyawarah. Artinya, bukan ditiadakan, tapi ditunda untuk penampilan Farel. Karena saat ini kita ingin membangun suasana peringatan hari jadi yang khidmat dan sederhana seiring dengan duka usai insiden Kanjuruhan,” kata dia.

Pihaknya memohon maaf atas sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan dalam rangkaian Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur setelah terjadinya tragedi di Kanjuruhan, Kabupaten Malang tersebut.

“Saya memohon maaf kepada seluruh undangan yang sudah mengakses secara daring. Kita menghindari kemungkinan hal-hal yang tidak berseiring dengan suasana duka yang mendalam dari insiden Kanjuruhan,” katanya.

Dalam serangkaian HUT Jatim ini, Pemprov Jatim memberikan layanan penggunaan Bus Trans Jatim secara gratis pada 12 Oktober 2022. Masyarakat yang tinggal di wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Gresik dapat mengakses Bus Trans Jatim secara gratis.

“Di peringatan Hari Jadi Jatim ke 77 besok, layanan Bus Trans Jatim bebas biaya selama satu hari penuh. Bagi warga Surabaya Sidoarjo Gresik, monggo memanfaatkan momen ini untuk jalan-jalan ataupun untuk kepentingan yang lain,” kata Gubernur Khofifah.

Khofifah mengatakan, selain bus gratis, masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Jawa Timur Ke 77, Pemprov Jatim juga menghadirkan promo menarik.

“Sampai dengan akhir Oktober 2022, bagi penumpang bus Trans Jatim akan diberikan cashback 100% apabila pembayaran tiket menggunakan aplikasi TRANSJATIM – AJAIB (Aplikasi Jatim Informasi Bus),” pungkasnya. (nat/dil)

/