HUT Kong Co 1853, Kwan Sing Bio Bakal Meriahkan Kota Tuban

914

hutklentengkabartuban.com – Klenteng Kwan Sing Bio Tuban bakal kembali menggelar acara akbar di Kabupaten Tuban. Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) yang mulia Kong Co ke 1853, salah satu Klenteng terbesar di Asia Tenggara tersebut bakal menggelar sejumlah rangkaian acara yang lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak panitia, rangkaian kegiatan akan dimulai pada tanggal 27 Juli 2015 dengan memberikan santunan 500 paket sembako kepada warga tidak mampu. Dilanjutkan dengan pementasan wayang kulit dengan lakon “Onto Rejo Takon Bapak” pada tanggal 1 Agustus. Kemudian pada tanggal 7 Agustus pagi, acara dilanjutkan dengan penerimaan Kim Sien, dan malam harinya digelar acara hiburan.

Menyusul pada tanggal 8 Agustus tepatnya pukul 11.00 WIB, diadakan upacara bersama seluruh umat, dan pada 9 Agustus pagi diselenggarakan upacara penyerahan kembali Kim Sien yang kemudian dilanjutkan dengan gebyar kirab keliling kota Tuban.

Ketua pengurus Harian TITD Kwan Sing Bio Gunawan Putra Wirawan mengatakan, “Kegiatan HUT di klenteng Kwan Sing Bio kali ini jauh lebih meriah daripada tahun sebelumnya. Mengingat jika tahun sebelumnya hanya diselenggarakan selama 1 hari, namun pada tahun ini diselenggarakan hingga 3 hari berturut – turut. Dalam gebyar acara hiburan, kemeriahan juga akan didukung dengan sejumlah artis Ibu Kota dan manca negara”.

Dalam jumpa pers sore tadi, Minggu (5/7/2015), pihak panitia penyelenggara juga menyampaikan bahwa perkiraan yang hadir dalam rangkaian acara ini sekitar 30 ribu orang.

Puncak acara dalam puncak acara kemeriahan pesta HUT kali ini akan digelar di atas panggung seluas 450 meter persegi, dengan layar LED 38 X 8 m.

Dalam puncak acaranya, pihak panitia akan menyuguhkan seni atraksi panggung yang bertajuk “Collosal Dance, The Romance in Three Kingdom”.  Hingga hari ini, pembangunan kontruksi panggung telah menginjak 20 % dan akan dimulai main seting dan building pad 26 Juli hingga 6 Agustus 2015.

Bertindak sebagai panitia pada pelaksanaan HUT yang mulia Kong Co ke 1853 pada tahun ini adalah, Liu Pramono alias Liu Kok Liong sebagai Ketua Panitia. Untuk Ketua Hiburan dipegang oleh Bambang Joko Santoso alias So Tjiauw Gwan, dan sebagai koordinator panitia adalah Alim Sugiantoro alias Liem Tjeng Gie. (im)