Kerugian Akibat Banjir Bandang Rengel Diperkirakan 75 Juta

398

kabartuban.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Rengel mulai pukul 14.00 – 16.00 WIB mengakibatkan banjir bandang hingga membuat putusnya jalan di Dusun Jaten Cilik Rengel, dan beberapa rumah warga rusak akibat banjir. Selain itu, banjir bandang juga berdampak pada pasar Rengel, Minggu (06/3/2016).

Kapolsek Rengel, AKP Musa Bachtiar menerangkan, luapan banjir juga membawa material lumpur. Sehingga, mengakibatkan jalan raya menjadi licin. Guna mengantisipasi hal tersebut, anggota Polsek Rengel turun langsung ke lapangan.

“Anggota polsek Rengel langsung mengatur lalu lintas dan bersama BPBD untuk melakukan penyemprotan lumpur yang ada di jalan,” terang Musa kepada kabartuban.com, Senin (07/3/2016).

Musa melanjutkan, hujan deras tersebut juga mengakibatkan kerusakan rumah warga di Desa Rengel, RT 01 RW 07 sebanyak 3 rumah, dan 7 rumah kemasukan air, dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter masuk dalam rumah.

“Ada 3 rumah warga yang mengalami kerusakan, rata-rata bagian dapur rusak, dan yang 7 rumah hanya kemasukan air,” paparnya.

Selain mengakibatkan kerusakan rumah warga, banjir bandang tersebut juga merobohkan pagar pasar rengel sepanjang panjang kurang lebih 15 m, air juga  masuk kedalam pasar yg mengakibatkan 5 kios pasar roboh.

“Ada 5 kios yang roboh, 3 kios grabah, dan yang 2 kios mracang. Volume air terlalu besar, sehingga saluran air tidak muat dan merobohkan plengsengan beton pembatas dengan rumah warga .

Polsek Rengel memperkirakan kerugian akibat banjir bandang tersebut kurang lebih 75 juta. Ppolsek Rengel telah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk upaya perbaikan jalan yang putus, rumah dan pasar yang terkena dampak banjir.

“Kita sudah koordinasi dengan Kepala Desa Rengel dan Kepala Pasar Rengel untuk mengamankan pasar, dan semua pihak juga terlibat, termasuk kanit dan anggota reskrim, kanit intel, babinkamtibmas desa rengel, dan petugas jaga polsek rengel,” tutup musa. (har)

/