Klenteng Nyatakan Siap Bangun Pagoda Sembilan Lantai

485
pagodaklenteng
Spanduk pembangunan pagoda di klenteng kwan sing bio Tuban

kabartuban.com – Pengurus Klenteng Kwan Sing Bio menyatakan bahwa pihaknya telah siap untuk memulai pembangunan Pagoda sembilan lantai pada tahun 2016 mendatang. Rencana pembangunan Pagoda yang digembar – gembarkan akan dibangun di atas laut Tuban tersebut, kini berubah rencana dan akan dibangun di areal tanah Klenteng.

Kepada wartawan media ini, Sabtu (8/8/2015), Koordinator pembangunan Pagoda sembilan lantai, Alim Sugiantoro mengatakan bahwa rencana pembangunan Pagoda tersebut sudah tidak ada kendala lagi. Kendati belum mengantongi ijin resmi dari Pemkab Tuban, pihaknya mengaku telah mendapatakan respon positif dari Bupati Tuban, Fathul Huda.

Menurutnya, yang tidak diijinkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yakni dibagun di depan dengan mereklamasi laut atau menguruk laut. Kalau dibangun di tanah milik sendiri tidak menjadi persoalan, serta biaya juga lebih rendah. “Pembangunan pagoda sembilan lantai tidak masalah, karena di bangun diatas tanah kita,” ucap Alim Sugiantoro.

Lebih lanjut Alim menambahkan, “Respon positif terkait pembangunan pagoda pada tahun 2016 muncul dari Pak Bupati ( H. Fathul Huda, red) yang sudah disampaikan kepada ketua umum. Namun, kita disuruh melengkapi prosedur administrasi terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait reaksi masyarakat sekitar dengan keberadaan Pagoda sembilan lantai yang akan dibangun di belakang. Alim Sugiantoro, yang juga ketua Penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban tidak mau berkomentar banyak. “Kalau itu nanti dulu, kita fokus melakukan ijin mendirikan bagunan dulu,” kata Alim panggilan akrabnya.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun kabartuban.com menyebutkan, rencana Klentheng Kwan Sing Bio Tuban untuk membangun pagoda sembilan lantai sudah dimulai sejak peletakan batu pertama tahun 2008 silam. Peletakan batu pertama untuk membangun pagoda dilakukan oleh Menteri Agama Maftuh Basyumi bersama dengan peringatan hari ulang tahun Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1846. (dur/im)