Koordinasi Tokoh Gereja, Kapolres Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru 2019

245
Kapolres Tuban AKBP. Nanang Haryono melakukan koordinasi dengan tokoh Gereja bertempat di ruang loby Mapolres Tuban

kabartuban.com – Kepolisian Resort (Polres) Tuban mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa Tokoh Agama Kristen dan Katholik, serta beberapa pengurus gereja se-Kabupaten Tuban, yang dilaksanakan di Ruang Loby Mapolres Tuban, Kamis (20/12/2018). Selain ajang silaturrahmi, rapat tersebut bertujuan untuk mendukung dan menjaga iklim sejuk menjelang perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang.

Dari berbagai keluhan masyarakat yang diterima Polres Tuban, pada perayaan Natal hampir sama dengan perhelatan tahun baru. Tak sedikit di antara para muda mudi Bumi Wali yang mengekspresikan hari libur tersebut dengan melakukan konvoi dan memadati jalan raya. Demikian halnya, dapat mengganggu aktifitas masyarakat setempat. Selain itu, juga dapat membahayakan pengendara lain yang sedang melintas di jalan tersebut.

Terkait hal itu, disampaikan oleh Sekretaris Pengurus Gereja Katolik, Pndt. Slamet S mengatakan, jika konvoi motor yang menggunakan knalpot brong sangat mengganggu aktifitas beribadah di dalam gereja. Begitu juga dengan adanya petasan, kiranya hal itu yang jadi perhatian di setiap tahunnya. Dengan bantuan dari Polres Tuban, tentunya dapat meminimalisir terjadinya hal tersebut.

“Kami meminta bantuan dari Polres Tuban terkait konvoi motor yang ber-knalpot brong, serta petasan,” keluh Slamet pada Kapolres Tuban.

Terlepas dari itu, Slamet mengaku senang dan memberikan apresiasi kepada Polres Tuban, yang hingga saat ini masih terus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Kristiani dalam melakukan peribadatan di Kabupaten Tuban. Ia berharap, sinergi antara pihak Gereja dan Polres Tuban tetap terjaga dan senantiasa berkoordinasi dengan baik, guna menjaga kerukunan antar umat beragama yang sudah lama terjalin di Kabupaten Tuban.

“Saya selaku Ketua Gereja Katolik, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kinerja Polres Tuban yang selama ini telah memberikan pelayanan pengamanan saat ibadah berlangsung di Gereja,” Ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP. Nanang Haryono mengatakan, pihaknya akan memberikan pengamanan yang maksimal saat perayaan berlangsung. Ia beserta seluruh jajaran akan mengondisikan sepanjang ruas jalan di Tuban, yang rawan dijadikan konvoi dengan kendaraan yang menggunakan knalpot brong. Setidaknya, Polres Tuban akan memantau serta mengamankan 31 titik di seluruh gereja yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kami dari Jajaran Polres Tuban memohon maaf yang sebesar-besarnya atas hal ini. Saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 nanti, yang menyalakan petasan dan sepeda motor blong akan kami kondisikan,” Terang Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Nanang menerangkan bahwa, semua yang dilakukan Polres Tuban dengan tujuan agar tercipta situasi Kamtibmas di Bumi Wali yang senantiasa aman, damai dan kondusif. (din/im)

/