KPU Sosialisasi Pilkada Kepada Penyandang Disabilitas

kabartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas. Kepada masyarakat berkebutuhan kusus tersebut KPU Tuban mengenakan calon kepala daerah yang mencalonkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 9 Desember 2015 mendatang.

Peserta yang mempunyai kekurangan fisik tersebut tampak antusias mengikuti sosialisasi yang dibuat KPU Tuban. Sosialisasi digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Penyandang Disabilitas milik Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tuban, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak.

”Kalau saya sudah pernah menggunakan hak pilih pada Pemilu yang lalu, mungkin saja di sosialisasi ini ada hal yang baru,” kata salah satu penyandang disabilitas, Istiqomah, Senin (16/11/2015) kemarin.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini mengungkapkan, pada sosialisasi kali ini peserta mendapat pengetahuan mulai dari waktu pelaksanaan Pilkada, Pasangan Calon (Paslon), sampai cara menggunakan hak pilih dengan benar. Nyaris tidak ada kesulitan bagi mereka untuk mempergunakan hak pilih.

”Semua warga masyarakat Kabupaten Tuban mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menggunakan hak pilihnya dan untuk memilih siapa yang memimpin dalam lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Menurutnya, ini cara yang dilakukan KPU Tuban untuk mendongkrak partisipasi pemilih di Pilkada Tuban 9 Desember mendatang. Salah satunya dengan mendatangi beberapa komunitas termasuk penyandang disabilitas tersebut.

”Dengan sosialisasi kepada semua pihak ini kita berharap partisipasi pemilih pada Pilkda Tuban dapat tinggi. Target kita partisipasi pemilih dapat mencapai 75 persen,” pungkasnya. (al/im)

Populer Minggu Ini

Sistem Manajemen Pengawasan Keamanan Pangan Segar Pemkab Tuban Raih Predikat A

kabartuban.com -- Dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44...

Pria Paruh Baya Asal Jenu Gantung Diri Diduga Akibat Lama Sakit Keras

kabartuban.com -- Seorang pria asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,...

HUT Persatu ke-49, Ultras Kecam Jangan Ada Tendensi Politik

kabartuban.com -- Ratusan Anggota Ultras Persatu Tuban merayakan peringatan...

Komisi IV DPRD Tuban Akan Jembatani Aspirasi Guru Swasta ke Menpan-RB

kabartuban.com -- Setelah melakukan aksi damai di depan kantor...

Polres Tuban Berhasil Ringkus Dua Anggota Gangster Yang Sempat Resahkan Warga

kabartuban.com -- Masyarakat Kabupaten Tuban sempat diresahkan dengan adanya...
spot_img

Artikel Terkait