Kuasai Pangsa Pasar Semen, Semen Gresik Raih Penghargaan IOB & LLB 2016

454

kabartuban.com – Terbukti tetap kokoh dalam persaingan industri semen yang semakin sengit di Indonesia, Semen Gresik baru saja meraih penghargaan Indonesia Original Brand 2016 dan juga Living Legend Brand 2016 dari Majalah SWA.

Mukhamad Saifudin selaku Direktur Komersial Semen Gresik mengatakan bahwa saat ini anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu telah menguasai pangsa pasar 22,8% dengan sebaran produk di Jawa, Bali Nusa, Kalimantan, Maluku dan Papua. Selain itu, Semen Gresik juga memiliki jaringan toko hingga 22.000 di seluruh Indonesia.

“Dilihat dari indeks Indonesia Original Brand (IOB), Semen Gresik berhasil memiliki indeks yang paling tinggi di industri semen, hal ini membuat Semen Gresik meraih penghargaan IOB,” terang Saifudin kepada kabartuban.com, Rabu (08/06/2016).

Indeks IOB diperoleh dari riset yang dilakukan oleh Business Digest dan Majalah SWA yang mengacu pada empat kriteria penilaian yakni Satisfaction (kepuasan), Loyalty (loyalitas), Advocacy (advokasi) dan Foreign Local Competition (FLC).

“Riset yang dilakukan menggunakan metode  Multistage Random Sampling itu, melibatkan 5070 responden dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar,” jelas Saifudin.

Riset tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat keyakinan konsumen bahwa merek lokal lebih baik dari merek asing. Selain itu, dengan riset tersebut dapat dilihat  merek asli Indonesia yang sukses di pasar dan memiliki kinerja yang baik dan tidak kalah bersaing dengan merek dari luar negeri. (riz/im)

/