Kunjungi TPPI, Wapres JK ‘Diam’

447

kabartuban.com – Kilang minyak Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, kembali mendapat kunjungan dari Istana. Setelah beberapa waktu yang lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung, kini giliran Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) berkunjung dengan didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Sudirman Said, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, dan Bupati Tuban Fathul Huda, Sabtu (26/12/2015).

Berbeda dengan Jokowi yang cukup antusias menyambut dan melakukan sesi wawancara dengan awak media, Wapres JK tidak memberikan komentar apa-apa terkait agenda kunjungannya ke kilang minyak TPPI. Saat beberapa awak media berusaha mewawancarai, Wapres terkait agenda kunjungannya di TPPI, Wapres hanya melampaikan tangan saja.

JK dan rombongan ke kilang minyak yang berdiri sejak 1995 tersebut menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Udara (AU). Wapres dan rombongan tiba di helipad TPPI sekitar pukul 11.30 WIB. Kemudian,  mantan Ketua Umum Partai Golkar itu naik bus mengelilingi kilang minyak yang sempat mangkrak beberapa tahun.

”Kita yang pasti dari wartawan ya merasa sangat kecewa sekali dengan JK yang enggan untuk diwawancarai. Sehingga, kita jauh-jauh kesini dan menunggu beberapa jam percuma karena tidak bisa melakukan wawancara,” kata salah satu wartawan koran harian, Abdul Rohman saat dilokasi.

Padahal, lanjut Rohman mengatakan, di agenda wapres ke TPPI seharusnya ada sesi wawancara sekitar 40 menit dengan wartawan, dan hal tersebut disampaikan oleh pihak TPPI kepada sejumlah wartawan.

”Padahal sebulan yang lalu Presiden Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi TPPI diwawancara enak,” tandasnya.

Setelah berkunjung ke TPPI, Wapres JK kemudian melanjutkan perjalanan mengunjungi kilang miyak Blok Cepu yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya, Wapres melanjutkan penjalanannya melalui udara ke Kabupaten Jombang untuk menghadiri Haul KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke 6. (al/im)

/