Meski Tak Dibuat Besar, Peringatan Haul Sunan Bonang Tuban Membeludak Dikunjungi Peziarah

355
Suasana Area Makam Sunan Bonang yang Membeludak Dikunjungi Peziarah

kabartuban.com – Ribuan orang mulai memadati area ziarah makam Sunan Bonang untuk turut ikut dalam Tahlil Akbar dalam rangka puncak Haul Syekh Maulana Makhdum Ibrahim ke-513 Hijriah, Kamis (25/8/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Wakil Bupati, Riyadi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan OPD dan Camat, serta pengurus PCNU Tuban. Adapun pembicara dalam tahlil akbar tersebut adalah Kh. Ahmad Sa’id Asrori dan Alhabib Taufiq Assegaf.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Haul Sunan Bonang, Ahmad Hidayatur Rohman menyampaikan banyak terima kasih atas segala bantuan baik itu tenaga maupun pikiran khususnya Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Terkhusus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban yang telah memfaslitasi kami meskipun masih belum dalam taraf full. Meski bupati menyayangkan Haul Sunan Bonang yang tidak diadakan secara besar-besaran,” jelasnya saat sambutan.

Gus Dayat sapaan akrabnya juga meminta maaf sebab acara Haul Sunan Bonang tidak dibuat besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya masyarakat menggantungkan rizkinya pada Peringatan Haul Sunan Bonang, namun kali ini pihaknya mengatakan belum bisa memfasiltasi.

“Karena pertimbangan satu dan lainnya. Ketika pembahasan RAB kita sudah membahas hal tersebut dan mensepakati kegiatan, karena dua tahun pandemi ini kita masih mengantisipasi,” jelasnya.

Sementara itu salah satu peziarah Bambang (35) warga Bancar mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat sowan dan berdoa untuk Sunan Bonang.

“Setelah pandemi itu kan tidak ada apa-apa, nah sekarang walaupun tidak sebesar dulu yang penting ada,” ucapnya.

Baca Juga: Berawal Pamit Cari Pakan Hewan, Petani di Tuban Ditemukan Gantung Diri

Lebih lanjut Bambang berharap jika tahun depan acara dapat dibuat jauh lebih besar seperti sebelumnya, selain masyarakat daerah lain bisa berkunjung ke Makam Sunan Bonang juga menjadi sumber rezeki untuk para pedagang yang menjajakan dagangannya. (hin/dil).

/