Musim Liburan, Ikan Asap Laris Manis

838

kabartuban.com – Pedagang ikan asap di Kelurahan Karangsari, Kecamatan (kota) Tuban ramai pembeli. Liburan tahun baru 2016 ini  sepertinya menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang ikan yang mengais rejeki di atas trotoar tersebut, Sabtu (02/01/2016).

Berbagai macam jenis ikan panggang asap yang dijajakan di trotoar jalan pantura Tuban titik Karangsari itu menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Banyak dari mereka yang kemudian berhenti sejenak, untuk membeli ikan berwarna coklat dan kuning keemasan hasil pemanggangan dengan metode pengasapan kulit kelapa, untuk dijadikan oleh-oleh.

Sejumlah pedagang mengaku, pada musim liburan kali ini omset penjualan mereka naik drastis hingga 2 dan 3 kali lipat dibanding hari biasanya. Para pembeli banyak berasal dari luar daerah, seperti Jakarta, Cirebon, Cilacap, Sumatra, Medan serta daerah lain yang sedang melintas di jalur pantura Tuban.

“Pada hari biasa, pendapatan kami hanya sekitar Rp. 1 juta. Tapi pada musim liburan kali ini alhamdulilah ramai, kadang mendapat 2 juta dan bisa juga sampai 3 juta rupiah perhari,” kata Yuli, salah satu pedagang yang ditemui di lapak dagangannya.

Menurutnya, ikan asap yang dijualnya beserta para pedagang di tempat tersebut, rata-rata ikan jenis tongkol dan ikan kuningan. Harga yang dipatok pun bervariatif mulai dari harga Rp. 7.500 sampai Rp. 30.000, tergantung besar kecilnya ikan.

“Ikan asap khas tuban ini menggunakan pengasapan dengan kulit kelapa, sehingga bisa membuat rasanya lebih gurih. Kami tidak berani menggunakan pengasapan lain, dan untuk harganya tergantung besar kecilnya ikan. Jika ikannya kecil, ya kami jual Rp. 7.500 perekor dan bila ikannya besar ya kami jual dengan harga Rp. 30 ribu perekor,” pungkas Yuli. (af/im)

/