Pedagang Keluhkan Harga Ayam Yang Merangkak Naik

10
kegiatan di pasar Pramuka Tuban

kabartuban.com Harga Ayam naik pemasok berkeluh kesah, pasalnya setelah harga cabai dan telur sedikit menurun kini harga ayam Jawa dan ayam potong mengalami kenaikkan yang cukup tinggi.

Salah satu penjual ayam di Pasar Baru Tuban mengatakan bahwa kenaikan harga ayam ini sudah sejak 1 minggu yang lalu. Hal ini sangat meresahkan pedagang pasalnya pendapatan menurun akibat kenaikan harga ayam tersebut.

“Biasanya cuma 32 ribu  terus naik sampai 38 ribu, yang ayam jawa malah 40,” ucap Unok penjual ayam yang ditemui di Pasar Baru Tuban, Senin (17/01/2022).

Sementara itu, di pasar Pramuka, seorang pedagang ayam juga mengungkapkan bahwa harga ayam naik, bahkan mencapai Rp60.000,-  untuk ayam Jawa, sedangkan untuk ayam potong masih dengan harga yang sama dengan Pasar Baru Tuban yaitu dengan harga Rp38.000 per kilo.

“Kalau ayam potong 38 ribu kalau yang kampung 65 ribu  per kilonya,” terang Kesi penjual ayam di Pasar Pramuka Tuban.

Dalam sehari Kesi hanya mampu menjual ayam potong 20 ekor dan ayam jawa 30 ekor saja. Bukan hanya dari penjual saja yang mengeluh, Kesi juga menyampaikan bahwa dari pembeli juga mengeluhkan harga ayam yang terlalu mahal.

“Ya mengeluh semua yang beli, biasanya harga cuma 30-35 yang paling mahal, sekarang 38 ribu,” tambah bu Kesi.

Sebelum harga naik, lnajut Kesi, dirinya mengaku mampu menjual ayam potong sebanyak 25-30 ekor per harinya, ia juga berharap agar harga ayam segera menurun. (nat/hin)