Pemkab Tuban Komitmen Tuntaskan Banjir Dua Sampai Tiga Tahun Kedepan

318
Bupati Tuban Bersama Kapolda Jatim, di Lokasi Banjir.

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berkomitmen menyelesaikan persoalan banjir yang hampir setiap tahun melanda sejumlah kecamatan dikabupaten tersebut.

Untuk mewujudkan hal tersebut,  pemerintah telah menyiapkan anggaran khusus yang dialokasikan untuk mengatasi banjir beberapa kecamatan yang ada di bantaran sungai terpanjang di pulau jawa tersebut.

“Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membangun tanggul penahan sungai Bengawan Solo,” ungkap Bupati, saat melakukan kunjungan di lokasi banjir,  di desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Selasa (27/02/2018).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Kapolda Jatim, Irjenpol. Drs. Machfud Arifin, S.H, Kapolres Tuban, AKBP. Sutrisno HR, dan pejabat terkait di Kabupaten Tuban itu, Bupati Tuban menyampaikan, perhatian khusus terhadap banjir sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tuban.

Sayangnya, pembangunan tanggul yang dimaksud masih belum terealisasi. Penyebabnya adalah pembebasan lahan bakal tanggul yang belum tuntas sampai hari ini.

“Pembebasan lahan untuk kepentingan bersama ini harus mendapat dukungan dari masyarakat sekitar, utamanya para pemilik lahan,” imbuh Fathul Huda dihadapan masyarakat Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel.

Lebih lanjut,  orang omor satu dituban itu,  optimis, jika banjir dapat teratasi dengan optimal dalam 2-3 tahun ke depan. Tentunya dengan dukungan semua pihak dalam rangka mendorong percepatan penyelesaian persoalan banjir yang masih dihadapi Kabupaaten Tuban hingga saat ini.

“Tentu ini juga harus didukung masyarakat, pemerintah desa dan Pemkab Tuban serta stakeholder. Tanpa sinergitas ini, apa yang menjadi tujuan kita bersama sulit untuk tercapai,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Tuban secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban banjir. Total bantuan yang diserahkan kurang lebih 1.960 paket dengan rincian 1000 paket dari Baznas Tuban, 460 paket dari BPBD Tuban, selebihnya berasal dari KORPRI, serta pihak-pihak lain dan swasta.

Sementara itu, Kapolda Jatim, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua warga Tuban akibat banjir. Dia mengingatkan agar kejadian itu jangan sampai terulang kembali, warga harus meningkatkan kewaspadaan dan mengawasi anak-anak mereka saat banjir terjadi.

“Kepada seluruh warga masyarakat, terutama orang tua, saya mengingatkan untuk menjaga putra putrinya. Jangan sampai lepas pengawasan,” himbau Kapolda.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Jatim juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang disalurkan langsung ke lokasi banjir. (Luk)

/