Pemkab Tuban Sasar 11 Desa Untuk Bangun Jamban

102
Pemerintah beri anggaran untuk pembangunan jamban di beberapa desa

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Permukiman (DPUPR PRKP) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar demi susksesnya program bebas buang air besar sembarangan (BAB) untuk tercapainya desa Open Defection Free (ODF).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas DPUPR PRKP, Agung Supriyadi jika anggaran pembangunan WC sebesar Rp5 miliar tersebut tidak hanya digunakan untuk pembangunan jamban saja, melainkan termasuk pemasangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 1,3 miliar, sedangkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,7 miliar. Anggaran Rp5 miliar tidak hanya dipergunakan untuk jamban, tapi termasuk pemasangan instalasinya (IPAL) dan sekarang masih proses pelaksanaannya,” tegas Agung saat dikonfirmasi, Selasa (6/9/2022).

Lanjutnya, saat ini Pemkab Tuban memfokuskan pada pembangunan jamban untuk dapat membebaskan masyarakat Tuban dalam membuang hajat agar tidak lagi membuang hajat sembarangan.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda ini menyebutkan jika di Tahun 2022 ini akan menyasar 11 desa dalam pembangunan jamban dan IPAL.

“Tahun ini menyasar 11 desa,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Tuban Masih Banyak BAB di Sembarang Tempat

Adapun syarat yang bisa menerima bantuan pembangunan jamban hanya kecamatan yang berstatus ODF. Hal ini dikarenakan, untuk memeberikan motivasi kepada desa-desa di kecamatan lain agar tidak membuang hajat sembarangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban, Bambang Priyo Utomo menggandeng semua pihak untuk berpartisipasi dalam mensukseskan program bebas buang air besar sembarangan.

“Agar tidak hanya Dinas Kesehatan saja melainkan semua stakeholder terkait,” paparnya.

Untuk diketahui 11 Desa yang akan di sasar oleh Pemkab Tuban yaitu:

1. Ds. Bendolateng, Kenduruan
2. Ds. Klumpit, Soko
3. Ds. Parangbatu, Parengan
4. Ds. Tengger Kulon, Bancar
5. Ds. Banjar, Widang
6. Ds. Banjarworo, Bangilan
7. Ds. Widang, Kec. Widang
8. Kel. Latsari, Kec. Tuban
9. Ds. Sidohasri , Kenduruan
10. Ds. Sukolilo Bancar
11. Ds. Tambakboyo, Kec. Tambakboyo (hin/dil)

/