Pengunjung Perpustakaan Umum Tuban Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

703

kabartuban.com – Meningkatnya jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Kabupaten Tuban menunjukan bahwa minat baca masyarakat Kabupaten Tuban semakin meningkat. Pada tahun 2015, jumlah pengunjung Perpustakaan Umum yang berada di Jalan Sunan Kalijaga itu tercatat 38.202 orang.

“Rata-rata pengunjung 500 orang per hari dan paling banyak saat hari libur Sabtu dan Minggu,” ujar Sumartiah, selaku Staf Layanan Perpustakaan Umum Tuban kepada kabartuban.com, Selasa (17/05/2016).

Ia menjelaskan bahwa, dari jumlah rata-rata per hari tersebut, 55% diantaranya adalah pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan data pengunjung, yang paling jarang mengunjungi Perpustakaan Umum Tuban adalah kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI-Polri.

Rincian data pengunjung Perpustakaan Umum Tuban pada tahun 2015 adalah 20.308 orang pelajar, 8.839 orang mahasiswa, 3.928 orang wiraswasta, 2.825 orang pekerjaan lain, 690 orang pegawai negeri, dan 256 orang dari TNI-Polri.

“Pelajar dan mahasiswa mendominasi, apalagi pada bulan-bulan tertentu saat ujian atau akhir tahun pendidikan, banyak mahasiswa atau pelajar datang meminjam buku atau mencari buku untuk referensi,” jelas Sumartiah.

Sumartiah menambahkan, banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya pengunjung Perpustakaan Umum Tuban. Selain tempat yang nyaman, adanya program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pelayanan Perpustakaan Umum juga menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung.

“Kami berharap Perpustakaan Umum di Tuban semakin berkembang, sehingga bisa menumbuhkan minat baca masyarakat,” tutupnya. (lk/riz)

/