Peringatan HUT RI Ke-71, Lapas Tuban Remisi 5 Napi

kabartuban.com – Sebanyak 5 Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban mendapat Remisi Umum (RU) II atau langsung bebas pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Danang Yudiawan, selaku Kepala Lapas kelas II B Tuban, menyatakan jumlah napi yang mendapatkan remisi 17 Agustus 2016 sejumlah 162 orang, yang mana Remisi Umum (RU) I  atau pengurangan masa hukuman 157 orang, dan Remisi Umum (RU) II langsung bebas 5 orang.

“Hari ini lapas Tuban melepaskan 5 orang yang langsung pulang dan 157 dapat RU I atau belum bisa pulang langsung,” terang Danang Yudiawan kepada kabartuban.com, Rabu (17/8/2016).

Danang melanjutkan, kelima napi tersebut diantaranya, Toni asal Kecamatan Soko, M. Farkhan asal  Kecamatan Senori, Kasiono asal Kecamatan Palang, Susiadi asal Kecamatan Widang, dan Sapta Candra asal Ronggomulyo Tuban.

“Besar remisi Hari Kemerdekaan yang diperoleh napi paling tinggi 6 bulan, dan paling rendah satu bulan,” pungkasnya.

Danang menambahkan, yang tidak mendapatkan remisi hari kemerdekaan diantarnya disebabkan oleh masa menjalani pidananya kurang dari 6 bulan, jenis kejahatan narkoba dengan pidana lebih 5 tahun, kejahatan korupsi, kejahatan teroris, dan masih diusulkan ke pusat, selanjutnya melakukan pelanggaran Kamtib atau belum inkrah.

Sementar itu, M. Farkhan Napi asal Kecamatan Senori  saat ditemui setelah Upacara Remisi Lapas mengaku senang bisa pulang karena bisa berkumpul dengan keluarganya kembali.

“Senang sekali, banyak pelajaran di sini, mulai diajar ngaji, sholat, dan sekarang saya mau kembali ke masyarakat dan kembali bertani,” ungkapnya.

Diketahui, Jumlah isi lapas Tuban per tanggal 17 agustus 2016 sebanyak 386 orang, dan jumlah narapidana yang tidak mendapatkan remisi 42 orang. (har)

Populer Minggu Ini

Paslon RAFI Adakan Konsolidasi dengan Para Pendukungnya

kabartuban.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban,...

Seorang Nelayan Tuban Hilang di Laut Saat Akan Pasang Lampu Rumpun

kabartuban.com – Jalil (60), seorang nelayan asal Bulu Jowo,...

Formasi Satpol PP Jatim Kosong: Belum Ada Pendaftar, BKD Tunggu Keputusan Pusat

kabartuban.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur menginformasikan...

Risma Mundur dari Jabatannya, Muhadjir Effendy Jadi Plt. Menteri Sosial

kabartuban.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menanggapi pengunduran...

Prakiraan Cuaca Tuban, Sabtu 7 September 2024

kabartuban.com -- Berdasarkan Prakiraan Cuaca yang dirilis oleh Badan...
spot_img

Artikel Terkait