Peringati Hari Buku Nasional, Perpustakaan Umum Tuban Adakan Bazar Buku

53
Bazar buku yang dilakukan oleh Perpustakaan Umum Tuban

kabartuban.com – Dalam rangka Hari Buku dan Perpustakaan Nasional pada 17 Mei lalu, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar acara Bazar Buku yang dilaksanakan di halaman Perpustakaan Umum di Jl. Sunan Kalijogo, Senin (06/06/2022).

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan Umum Tuban, Susi Sulatri bazar buku tersebut dilakukan bersama kumpulan-kumpulan penerbit dari Yogyakarta, dimulai dari Minggu (05/06/2022) kemarin hingga tanggal 20 Juni 2022.

“Kita mengadakan bazar buku karena berkaitan dengan Hari Buku dan Perpustakaan Nasional, dan kita juga ada kegiatan lomba bertutur jadi digabungkan jadi satu, untuk bazar ini kita bekerja sama dengan para kumpulan penerbit buku dari Yogyakarta,” jelasnya saat ditemui di Perpustakaan Umum.

Selain bazar buku, terdapat juga lomba bertutur yang dilaksanakan pada telah dilaksanakan mulai tanggal 02 Juni 2022 dengan pemilihan hingga enam besar, untuk tanggal 08 Juni 2022 adalah final untuk mencari juara.

“Nah di tanggal 08 Juni nya kita mencari juara satu dan nanti akan dikirim ke tingkat provinsi, acaranya juga dilaksanakan di Perpustakaan Umum,” lanjutnya.

Sapaan akrab Susi tersebut berharap jika kegiatan ini berlangsung bagus dan animo masyarakat tinggi maka tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kegiatan ini Kembali pada tahun-tahun selanjutnya.

“Kenapa kami mengadakan bazar buku ini untuk membantu anak-anak mulai dari TK dan sekolah untuk dapat mudah mencari buku dengan harga yang murah, namun kualitas juga tetap bagus,” tutupnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Firman selaku pendiri yang menggerakan atau mengumpulkan para penerbit ini memilih kota Tuban sebagai tempat didirikannya Bazar buku tersebut bukan untuk pertama kalinya. Sebab, pada tahun 2018-2019 juga pernah diadakan Bazar buku, namun karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan tersebut akhirnya ditunda.

“Setelah pandemi kan belum ada lagi jadi kita cobalah buka pasar disini dan kita memang keliling Jawa Timur dan ini memang gabungan dari beberapa penerbit seperti di Depok, Yogyakarta, sama Surabaya sama Distributor sendiri,” paparnya.

Firman juga mengapresiasi antusias serta animo masyarakat Kabupaten Tuban terhadap bazar buku yang sedang digelar ini, walau ia menyampaikan bahwa masih belum maksimal dari segi promosi melalui pemasangan baliho dan tagline.

Untuk diketahui, kumpulan buku yang ada di bazar buku antara lain, novel, sastra, wattpad, sejarah, sospol, agama, ensiklopedia, pelajaran, buku anak, komik, motivasi dan lain sebagainya. (hin/dil)

 

 

 

/