Pertamina Sumbang Komputer dan Lahirkan IKM Baru

383

kabartuban.com – Selasa (22/5), Pertamina meresmikan bantuan laboratorium komputer dan program pengelolaan kulit jagung di Kecamatan Jenu. Hari ini peresmian dilakukan di SMPN 2 Jenu, dihadiri oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar, Kepala Disdikpora, dan Kepala Disperpar Tuban.

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina memberikan 17 paket komputer siap pakai, printer, set meja kursi, serta penambahan daya listrik. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan karpet ruangan.

Adanya terminal BBM Pertamina di Kecamatan Jenu ini membuat Pertamina meluncurkan bantuan sebagai bagian dari bentuk pengalokasian program CSR. Selain di bidang pendidikan, Pertamina juga memberikan bantuan di bidang pemberdayaan masyarakat, yaitu pelatihan Industri Kecil Menengah (IKM) kerajinan dari kulit jagung.

Di lokasi peresmian, ibu – ibu warga sekitar tampak memamerkan hasil kerajinan dari kulit jagung, sebagai tindak lanjut pelatihan yang telah diberikan Pertamina. Ketika dikonfirmasi kabartuban.com, ibu – ibu tersebut membenarkan bahwa Pertamina telah memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan kulit jagung, namun mereka mengatakan bahwa pelatihan tersebut belum dibarengi dengan bantuan modal untuk memproduksi kerajinan tersebut.

Di lain pihak, ketika memberikan sambutan Wakil Bupati Noor Nahar menyampaikan bahwa seharusnya bantuan komputer tersebut 40 unit, sehingga dalam pembelajaran nanti 1 murid / 1 komputer. Lebih lanjut Wabup juga menyampaikan tentang pengalokasian dana CSR nanti, pihak Pertamina selayaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemkab sehingga bisa tepat sasaran. “Setelah sekolah negeri, nanti sekolah swasta juga diperhatikan bersama”, tambah Wabup.

Kepada kabartuban.com, GM Pertamina Fuel Retail Marketing Region V mengatakan, “Program ini merupakan bagian dari CSR, kami akan terus memacu kesejahteraan warga sekitar”. Terkait kerajinan dari kulit jagung, dia mengaku bahwa produk tersebut sudah ada yang dibeli oleh pembeli dari Singapura dan Amerika.

Ketika dikonfirmasi kabartuban.com, beberapa warga yang hadir di lokasi berharap program CSR untuk warga sekitar bisa terus ditingkatkan, khususnya untuk masyarakat kecil. (iim)