PMI Pastikan Stok Darah Cukup Pada Ramadlan

261

donorkabartuban.com – Selama bulan suci Ramadlan, stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban telah dipastikan tersedia, dan dinyatakan aman. Saat ini sebanyak 505 kantong stok darah yang dimiliki Unit Donor Darah (UDD) PMI Tuban, Senin (30/6/14)

Dari jumlah tersebut, diyakini bakal bertambah, pasalnya PMI bekerja sama dengan Instansi Pemerintahan serta organisasi masyarakat yang ada untuk pengadaan stok darah. Oleh karena itu, diyakini stok darah PMI pada saat bulan Ramadlan akan dipastikan mencukupi.

“Saat ini,  sekitar 505 kantong darah yang kami miliki. Ditambah lagi, saat ramadlan ada pungurus masjid, yayasan dan organisasi masyarkat yang sudah mengajukan kepada kami untuk menggelar kegiatan donor darah,” tutur Sarju (26), salah seorang petugas UDD PMI Tuban.

Sementara itu,  Direktur UDD PMI Tuban, Dr. Didik Suhariyono saat dikonfirmasi mengatakan, “Dengan stok darah yang tersedia,  Insya Allah bisa memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadlan”

Sedangkan untuk biaya penganti kantong darah, jarum, serta sorum maupun biaya oprasional, dikenakan 250 ribu rupiah.

“Untuk biaya pengganti pengolahan darah dikenakan sebesar 250 ribu. Biaya tersebut sudah ditentukan oleh peraturan Bupati. Jadi intinya itu bukan beli, namun sebagai pengganti kantong darah, jarum, sorum maupun biaya operasional lainnya,” Ujar Didik, yang juga menjadi salah seorang pengurus PC LKNU Tuban ini.

Dari informasi yang didapat kabartuban.com, jika jumlah persediaan dirasa kurang, maka pihak UUD PMI Tuban akan meminta suplai stok darah dari UUD PMI Sidoarjo, karena yang memerlukan tidak hanya dari Tuban, ada juga dari Lamongan serta Bojonegoro. (Pul)