Puluhan Penghulu Ikuti SIMKAH

362

IMG_20150615_095405kabartuban.com – Untuk memperlancar serta mempermudah masyarakat mengakses berbagai informasi tentang pernikahan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, berikan latihan serta bimbingan teknik kepada penghulu dan operator yang akan mengoperasikan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), dari berbagai (Kantor Urusan Agama) KUA di Kabupaten Tuban. Senin (15/06/15)

Bimbingan teknik SIMKAH tersebut, dimaksudkan agar kedepannya nanti KUA mampu memberikan pelayanan yang lebih baik, terhadap masyarakat, terutama dari segi administrasi.

“Pelatihan operator SIMKAH ini, nantinya mengelola data dan informasi penting pernikahan yang bersumber dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di 20 kecamatan di Tuban” terang Ketua Forum Komunikasi SIMKAH Tuban, Abdul Muhid saat ditemui disela-sela kegiatan.

“Dengan program ini kita bisa melacak identitas apakah seseorang itu sudah menikah apa belum, dan di kantor KUA mana dia menikah”

Lebih lanjut Muhid menyampaikan dalam bimbingan teknik kali ini masing-masing KUA mengikut sertakan seorang operator SIMKAH dan satu penghulu di setiap kecamatan yang ada di Tuban

Aplikasi SIMKAH ini diklaim akan memberikan pelayanan berupa informasi online kepada masyarakat dengan maksimal, meski pihaknya tetap mengandalkan arsip pernikahan fisik yang ada dimasing-masing KUA.

“Melalui aplikasi SIMKAH ini, data sudah bisa diakses sejak sepuluh hari sebelum menikah, karena berkas sudah kita terima dan kita masukan, dan bisa di akses melalusimkah.kemenag.go.id, baik melalui warnet maupun gadget android maupun yang lain”

“Untuk sementara baru data pernikahan dari tahun 2012 hingga saat ini, sedangkan sebelum tahun 2012 akan kita lengkapi secara bertahap, mengingat banyaknya data fisik yang ada dimasing-masing KUA” pungkasnya. (Pul)