Putus Sekolah Sejak Kelas Tiga SD, Bocah 14 Tahun Ini Jual Koran Untuk Bantu Ekonomi Keluarga

1107
Foto ilustrasi

kabartuban.com – Beberapa anak yang kurang beruntung tidak bisa menikmati masa bermain maupun sekolah seperti dengan teman-temannya. Sama halnya dengan Ilham bocah berusia 14 Tahun ini yang rela berjualan koran demi membantu perekonomian keluarganya.

Ilham sering ditemukan berjualan koran di tengah teriknya matahari di Bundaran Patung Letda Sucipto, Tuban. Bocah asal Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding ini mengaku sudah putus sekolah sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

“Saya terakhir sekolah sejak kelas 3 SD karena orang tua tidak ada biaya,” ucapnya sambil membawa koran yang ia jual.

Berbekal topi yang sering ia gunakan untuk melindunginya dari sinar matahari, Ilham bersemangat menjajakan koran yang ia bawa agar dapat segera pulang dengan membawa hasil jualannya untuk membantu orang tuanya.

“Bantu keluarga karena ibu hanya sebagai ibu rumah tangga dan bapak sudah tidak ada,” jelasnya.

Baca juga: Juwita PKB Berharap Pemkab Tuban Lebih Agresif Hadapi Laju Industri

Bocah dengan lima bersaudara ini mengaku telah menjajakan korannya selama 3 tahun. Setiap harinya, Ilham berhasil menjual 8 hingga 10 koran. Harga 1 koran dijual dengan harga Rp6.000 rupiah. Dalam penjualan tersebut, Ilham dapat mengantongi keuntungan Rp2.000 per korannya.

“Ini korannya saya jual Rp6.000 itu saya mendapat untung Rp2.000 per koranya, biasanya satu hari dapat Rp40 ribu sampai Rp50 ribu gitu,” katanya.

Untuk diketahui, setiap pagi Ilham mengambil koran dari toko Agung Jaya yang kemudian ia jual di Perempatan Lampu Merah tepatnya di Bundaran Patung Letda Sucipto.

“Saya ambilnya dari toko Agung Jaya terus kalau tidak habis ya dikembalikan lagi,” tutupnya. (mel/dil)

/