Ratna Juwita : Santri Agen Perubahan, Peduli Lingkungan

4
Ratna Juwita Sari , anggota Komisi VII DPR RI, saat memungut ampah di area pantai mangrove Center usai upacara peringatan hari hari santri nasional 2019.

kabartuban.com – Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari menghadiri acara “Apel 1000 Santri dan Bersih Pantai” yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban pada Sabtu (26/10).

Perempuan yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) daerah pemilihan Tuban – Bojonegoro tersebut berpesan agar santri terus menjadi agen perubahan, yaitu pelopor pembaharuan maupun inovasi dan terobosan.

Termasuk menghadapi masalah sampah dan pencemaran, anggota dewan yang akrab dipanggil Iya Juwita tersebut mengharapkan para santri untuk bergerak yang terdepan dalam rangka menjaga lingkungan hidup.

“Santri adalah bagian dari agen perubahan. Maka sudah seharusnya santri ikut menjaga lingkungan. Selain melestarikan ekosisitem, upaya menjaga lingkungan juga memberikan ‘legacy’ pada generasi selanjutnya,” kata Ratna Juwita.

Anggota DPR RI yang membidangi Energi, Riset Teknologi dan Lingkungan Hidup tersebut tidak canggung memungut sampah.

Bersama beberapa santri putri, ia nampak berhasil mengumpulkan beberapa kantong sampah.

Apel 1000 Santri dan Bersih Pantai merupakan bagian dari peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang diselenggarakan oleh PC NU Kabupaten Tuban, di Pantai Cemara, dengan melibatkan Badan Otonom dan jajaran kepengurusan NU se-Kabupaten Tuban. (kh)

/