Rayakan Idul Adha 1442 H, Kolaborasi Komunitas Tuban Bagikan 400 Paket Daging Kurban

kabartuban.com – Momentum Idul Adha 1442 H dimanfaatkan dengan baik oleh sembilan komunitas di Kabupaten Tuban, pasalnya di momen ini sembilan komunitas tersebut menyembelih 9 ekor kambing dan membagikan lebih dari 400 paket daging kurban kepada masyarakat. Kegiatan yang dipusatkan di puncak Wisata Agro diawali dengan kegiatan doa bersama agar pandemi segera berakhir.

Perwakilan komunitas, Hansen Budijono mengatakan, Pucak Wisata Agro dipilih lantaran lokasinya menarik dan dekat dengan kawasan masyarakat kurang mampu. Sasaran pembagian daging tersebut yaitu kaum dhuafa dan anak yatim. Selain pembagian daging kurban, komunitas tersebut juga membagikan masker agar terhindar dari paparan virus Covid-19.

“Sebaran COVID yang semakin cepat juga menjadi perhatian kami dalam kegiatan Idul Adha ini. Karena itu kami juga bagikan masker dan memberikan edukasi kepada warga agar disiplin cuci tangan dan jaga jarak selama pandemi ini,” jelas Husain, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antar komunitas di Tuban yang melibatkan Karang Taruna (Karta) Klumpit, Karta Pekuwon dan Karta Kendal. Tidak hanya itu, Fans Club meliputi UI Tuban, MCSCI, CISC dan Kopites serta dari komunitas otomatis, Honda Civic Indonesia Tuban dan NTC mewakili Bold Riders juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan mulia tersebut.

Program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ tersebut digadang oleh Kolaborasi Indonesia Timur Area (KITA). Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Dalam pelaksanaan kegiatan sosial ini, masing-masing komunitas hanya diwakili oleh beberapa anggota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yabg digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Untuk diketahui, kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan. (dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close