Ribuan Mahasiswa Unirow Ikuti KKN Tematik

527

kabartuban.com – Sebanyak 1367 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban resmi dilepas oleh Bupati Tuban, Fatkhul Huda guna melaksanakan pengabdian masyarakat, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN).  Kegiatan pelepasan mahasiswa tersebut digelar di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Senin (08/8/2016).

“KKN merupakan wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, karena setiap kegiatannya dimanfaatkan sebagai forum silaturahim, advokasi, komunukasi, edukasi, dan wadah kegiatan,” terang Rektor Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, kepada kabartuban.com.

Dian, sapaan akrabnya melanjutkan, KKN kali ini merupakan KKN Tematik dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang bertujuan untuk memberdayakan, membentuk, membina, dan mengembangkan pembentukan masyarakat yang dimulai dari pembinaan sebagai warga negara yang baik.

“Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya memaksimalkan potensi yang dimiliki masyarakat, dan dimulai dari pembinaan dan pengembangan yang meliputi pendidikan, kesehatan lingkungan, ekonomi, dan keterampilan,” lanjutnya.

Dikatakan oleh Dian, KKN Tematik diharapakan bisa menjadi media untuk melatih mahasiswa meningkatkan rasa percaya diri melalui kegiatan dengan masyarakat, jujur dalam menjalankan amanah, meningkatkan komitmen dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Untuk itu, mahasiswa diharapkan secara cermat mendengar, melihat, dan melakukan analisis ilmiah, dengan begitu bisa dijadikan bahan untuk penelitian,” ujarnya.

Dian menambahkan, dalam KKN Unirow 2016, pihak kampus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, termasuk mengawal pembangunan desa. Salah satunya, membantu identifikasi permasalahan KTP, KK, Akte Kelahiran dan Kematian.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fatkhul Huda dalam sambutannya menyatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat  karena program-programnya bisa  bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sehingga bisa menuju Tuban yang sejahtera.

“Saya memberikan apresiasi, baru ini ada pelepasan KKN yang programnya bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten, dan ini menunjukkan pedulinya kepada Tuban, dan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Diketahui, KKN Unirow 2016 akan digelar mulai 8 Agustus hingga  8 September 2016. Mahasiwa akan disebar di 65 desa yang ada di 12 Kecamatan, yakni Kecamatan Senori, Semanding, Parengan, Palang, Bangilan, Widang, Jenu, Soko, Grabagan, Plumpang, Rengel, Tuban. (har)

/