Ribuan Santri Resmi Dikukuhkan Sebagai Anggota Pagar Nusa Tuban

570

kabartuban.com – Sebanyak 1548 anggota baru resmi dikukuhkan sebagai anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Cabang Tuban.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman masjid Hasyim Asyari, jalan Letda Sucipto, Minggu (14/8/2022).

Pengukuhan santri baru yang dibalut Gebyar Puncak Muharam 1444 itu turut dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Jawa Timur, Abdul Muid, Pembina PC Pagar Nusa Tuban, Fathul Huda, Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Ketua PC NU Tuban, Mustain Syukur, Ketua IPSI Tuban, Faisol, Wakapolres Tuban, Kompol Palma Fitria Pahlevi, Pasi Intel Kodim 0811, Kapten Inf Istoha Ketua dan Anggota PAC Pagar Nusa se Kabupaten Tuban.

Ketua PC Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib itu mengatakan, dirinya berterima kasih atas kerja keras seluruh pengurus cabang se Kabupaten Tuban, Polres Tuban dan Polsek Jajaran serta Kodim Tuban yang telah mengawal jalannya kegiatan sehingga dalam kegiatan ini bisa berjalan tertib, aman dan lancar.

“Terima kasih kepada semua yang hadir, khususnya Kiai Fathul Huda selaku Muasis Ponpes Bahrul Huda yang mau memfasilitasi tempat ini sebagai acara pengukuhan santri baru Pagar Nusa,” terangnya.

Dikukuhkannya santri baru Pagar Nusa Kabupaten Tuban ini bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, melainkan awal dari semua untuk bergabung dan berjuang bersama Pagar Nusa dalam mengawal jalannya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai pendekar Pagar Nusa, jangan asal menerima tantangan yang tidak bermutu dan meladeni permasalahan-permasalahan yang tidak penting. Untuk itu, perlu kiranya menguatkan mental dalam menjaga Ukhuwah Islamiyah.

“Kita memang bukan siapa-siapa, tapi kita bangga menjadi bagian dari pengawal NKRI. Untuk itu, kita harus siapkan lahir batin ditambahi gemblengan dari para kiai,” jelasnya.

Dia juga berpesan, setelah acara ini diharapkan dapat tetap menjaga ketertiban dan tidak membuat sesuatu yang tidak menyenangkan.

“Sebaik-baiknya manusia adalah bisa memberi manfaat kepada sesama. Kalau kita belum bisa memberi manfaat, setidaknya tidak membuat resah orang lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina PC Pagar Nusa Tuban, KH Fathul Huda mengucapkan selamat kepada para anggota pagar nusa yang baru dikukuhkan.

Mantan Bupati Tuban dua periode ini berharap, para anggota yang baru dikukuhkan ini kokoh iman dan kokoh ekonominya serta bisa mengendalikan hawa nafsu.

“Pendekar atau orang yang kokoh itu bukan kalo pencak sikat itu selalu menang. Karena sesungguhnya orang yang sakti itu orang yang bisa mengendalikan hawa nafsunya,” Jelasnya.

Jika setelah dikukuhkan pulang dengan tertib, berarti itu anggota pagar nusa sejati. Karena bisa mengendalikan hawa nafsunya.

“Pagar nusa ini banomnya nahdlatul ulama, maka harus pegangan-pegangan yanh dijadikan acuan juga berdasarkan pedoman nahdlatul ulama,” imbuhnya.

Nahdlatul ulama ini mengikuti para kyai. Para kyai ini pewarisnya nabi. Maka semua tindakan yanh dilakukan oleh nahdlatul ulama, sesuai yang diajarkan Rosululloh.

“Yang diajarkan selalu menjaga akhlak, selalu tawaduk. Orang yang tawaduk akan diangkat derajatnya oleh Allah. Sedangkan barang siapa yang sombong akan diasorkan derajatnya oleh Allah,” tutupnya. (nat/dil)