Rugby, Cabang Olahraga Terbaru di KONI Tuban

19
Sekertaris Umum, KONI Tuban, Zaenal Maftuhien saat menerima bola dari Ketua Pengkab Rugby Tuban, Imam Sutiono.

kabartuban.com – Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) Rugby, Kabupaten Tuban menyatakan kesiapannya dalam memberikan prestasi dan membuat harum nama daerah.

Sebagai langkah awal yang diambil, perwakilan pengurus telah mendaftarkan Cabang Olahraga beradu taktik strateginya berebut bola pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

Komitmen para pengurus mendapatkan tanggapan positif untuk menambah keragaman cabang olahraga di Tuban, yang berada dibawah naungan Komite olahraga daerah itu.

“Kami sudah audiensi dan alhamdulilah sambutan cukup baik dari pengurus Koni,” terang Ketua Pengkab Rugby Tuban, Imam Sutiono (19/03/2022).

Menurut Imam, Olahraga Rugby sebenarnya sudah beberapa tahun ini mengeliat di Tuban, bahkan beberapa atlet sudah pernah mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di Jawa Timur.

“Untuk resminya baru tahun ini, dan beberapa tahun terakhir atlet asal Tuban sudah pernah mengikuti kompetisi,” lanjut Imam.

Untuk mengenalkan olahraga, lanjut imam, pihaknya melalui pengurus yang ada di sejumlah kecamatan, sudah melakukan sosialisasi di beberapa sekolah.

Bahkan tahun ini pengurus menargetkan menyelenggarakan kompetisi atau kejuaraan untuk mengenalkan olahraga itu kepada masyarakat umum.

“Kami perkenalkan disejumlah sekolah, kami punya target olahraga ini mampu memberikan prestasi terbaik bagi Bumi Wali Tuban,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Umum, KONI Tuban, Zaenal Maftuhien mengatakan, Rugby secara resmi telah mendaftarkan diri di KONI Tuban dan telah melaksanakan audensi serta pemaparan, aturan main, kompetisi serta jenjang kompetisi yang ada dalam olahraga Rugby.

“Materi yang disampaikan diantaranya pengurusan, aturan main sarana serta jenjang kompetisi, termasuk potensi yang ingin dikembangkan,” Kata Zaenal.

Menurut Zaenal, bertambahnya cabang olahraga baru sebagai anggota KONI akan menjadi amunisi baru untuk pengembangan olahraga di Tuban.

”Dengan semakin banyak cabang olahraga di tuban, makin luas kesempatan meraih prestasi,” lanjut Zaenal.

Zaenal berharap olahraga baru itu mampu memberikan prestasi baru di tuban, dan dorongan Rugby segera running melaksanakan pembinaan, memetakan prestasi dan membuat target prestasi agar olahraga ini menjadi salah satu kebanggaan olahraga di kabupaten Tuban.

“Kami berharap ini menjadi pilihan cabang olahraga untuk digeluti remaja tuban, sekaligus mampu memberikan prestasi terbaik,” pungkas Sekretaris KONI Tuban ini. (hin/dil)