Sabhara Polres Tuban Gelar Diklat SAR

333
sabhara
Anggota Sabhara Polres Tuban pada sesi latihan

kabartuban.com – Satuan Sabhara Polres Tuban melakukan pendalaman teori penanggulangan bencana. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan dan ketangguhan anggota dalam SAR (Search And Rescue).

Pelatihan SAR yang dilaksanakan di sebelah barat Terminal Wisata Tuban (TWT) sejak pukul 09.30 WIB hingga tengah siang, Rabu (19/2/2014).

Dalam aksi latihan kali ini, sekitar 70 anggota satuan Sabhara Polres Tuban berangkat dari kantor Polres, dan sebelumnya mendapat pengarahan dari Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi.

Kepada wartawan media ini, AKP Yani Susilo mengatakan, “Pelatihan SAR kali ini lebih diutamakan untuk penanggulangan bencana, terutama banjir. Setidaknya ada tujuh puluh personil yang kita libatkan,” terang Yani.

Lebih lanjut AKP Yani Susilo menjelasakan bahwa untuk pelatihan memakai kayak dan kano, langsung didatangkan dari Polda Jatim sekitar dua minggu yang lalu. “Sebelum ini kita juga telah melakukan pelatihan fungsi taknik sabhara untuk pengamanan pemilu 2014, yang diikuti Polsek serta Dalmas yang ada di Tuban,” lanjutnya.

Menurut pantauan kabartuban.com, setidaknya ada sepuluh perahu karet tanpa mesin yang digunakan pada saat latihan SAR Sabhara Polres Tuban kali ini. Diantaranya Kayak serta perahu karet jenis Kano. (ipul/im)