Selain Nikmat, Kopi Juga Miliki Banyak Manfaat

15
Foto ilustrasi.

kabartuban.com – Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang memiliki ciri khas tersendiri menjadikan minuman kopi sebagai primadona di banyak kalangan masyarakat. Kopi memang sungguh nikmat jika diminum baik pagi hari, atau saat malam hari ketika pekerjaan menumpuk. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati.

Tahukah kamu, tanaman kopi berasal dari dataran tinggi di Ethiopia yang pada saat itu merupakan tanaman liar di Ethiopia. Kemudian tanaman ini dikembangkan di Semenanjung Arab sekitar abad ke-15 yang terkenal sebagai kopi Arabika. Kopi Arabika saat ini menjadi jenis kopi yang paling banyak diproduksi di dunia hingga mancapai lebih dari 60 persen produksi kopi di dunia.

Pada tahun 1610 tanaman kopi pertama kali ditanam di daerah India. Saat itu bangsa Belanda mulai mempelajari pengembangbiakan kopi pada tahun 1614. Kemudian pada tahun 1916 mereka berhasil memperoleh bibit dari tanaman kopi yang subur dan langsung mendirikan perkebunan kopi di Srilangka dan tanah Jawa (Indonesia) pada tahun 1699.

Asal kata kopi dalam bahasa Arab qahwah yang artinya kekuatan. Kemudian kata kopi yang kita kenal saat ini berasal dari Bahasa Turki yaitu kahveh yang kemudian belakangan ini menjadi koffie dalam bahasa Belanda dan coffee dalam Bahasa Inggris. Kata tersebut diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi kopi.

Awalnya kopi digunakan sebagai produk makanan, kemudian kopi digunakan sebagai pengganti minuman anggur. Belakangan ini kopi digunakan juga sebagai obat. Dan saat ini kopi terkenal sebagai minuman yang cukup digemari oleh Sebagian besar masyarakat.

Namun para ilmuwan juga menyelediki manfaat lain dari kopi. Sisa bubuk dari kopi bermanfaat sebagai pupuk yang baik. Selain itu, beberapa produk disinfektan maupun isolasi untuk dinding, lantai dan atap juga dapat dibuat dari kopi. Gliserin yang merupakan produk sampingan dari sabun, dapat dibuat dari minyak kopi. Minyak kopi juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat cat, sabun, maupun produk lainnya.

Disamping itu ada pula efek negatif yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi telah dikenal begitu luas dewasa ini, dan berbagai peringatan dari para ahli telah berulang kali diungkapkan selama bertahun-tahun terhadap banyaknya bahaya yang mengancam para peminum kopi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penggemar kopi harus mewaspadai bahaya yang bisa timbul dari kebiasaan minum kopi mereka. Bahaya tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker. (nat/dil)

/