Semen Indonesia Bangun Pembangkit Listrik

470
Foto ilustrasi : Salah satu BUMN yang ada di Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Untuk menekan biaya listrik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk  membangun pembangkit listrik berbasis panas industri atau Waste Heat Recovery Power Generation (HWRPG).  Pembangkit listrik tersebut bersal dari gas buang pabrik yang diolah menggunakan energi dari proses pembakaran dan  akan menghasilkan listrik 60 Mega Watt.

“Listrik dari pembangkit tersebut akan digunakan untuk kebutuhan listrik pabrik sehingga mampu menekan biayaya listrik hingga 150 hingga 170 miliar per tahun,” terang Suparni, selaku Direktur Utama Semen Idonesia, kepada kabartuban.com, Selasa (26/4/2016).

Menurutnya, mesin tersebut akan memanfaatkan gas buang dari proses pembakaran untuk menghasilkan uap guna mengoperasikan turbin generator penghasil energi listrik.

“Dengan begitu kami bisa menghemat biaya listrik hingga 150 miliar per tahun,” katanya.

Suparni menjelaskan, PT Semen Indonesia akan terus mengembangkan teknologi tersebut diseluruh pabriknya agar mengurangi dampak gas CO2 sekaligus membuat alat penangkapan debu bekerja lebih baik agar ramah lingkungan.

“Karena proyek ini dianggap ramah lingkungan makanya kami juga mendapatkan dana 20 persen dari pemerintah Jepang,” jelas Suparni.

Suparni menambahkan, investasi untuk membangun pembangkit listrik itu mencapai 620 miliar dengan 20 persennya dana hibah dari pemerintah Jepang.

Saat ini proyek pembangunan pembangkit listrik telah mencapai 70 persen dan akan siap diuji pada akhir tahun ini. (lk/riz/har)

/