Si Mas Ganteng Hadir, Supir Angkota Berharap Pendapatan Mereka Tetap Stabil

54
Armada Si Mas Ganteng

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban meluncurkan 10 unit bis gratis bagi anak sekolah yang akan beroperasi pada 10 rute berbeda di kabupaten Tuban. Armada ini dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan nama Si Mas Ganteng. Armada tersebut bertujuan untuk memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan anak-anak sekolah serta untuk meningkatkan konektivitas antar masyarakat di Kabupaten Tuban.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (Kabid LLAJ) kabupaten Tuban, Imam Isdarmawan pada saat wawancara di Kantor Dinas Perhubungan Tuban, Kamis (29/02/2024).

“Untuk sementara kami optimalkan yang ada dulu.” Ucap Kabid LLAJ Tuban itu saat ditanya mengenai rencana penambahan armada.

Imam mengatakan, nama Si Mas Ganteng sendiri merupakan kepanjangan dari  “Transportasi Masyarakat Tuban Yang Elegan, Aman, Nyaman dan Terintegrasi” yang diharapkan agar seperti namanya, kendaraan dengan tampilan yang “Ganteng” ini dapat mempermudah masyarakat khususnya anak-anak.

Bis yang sudah diluncurkan sejak 6 Februari 2024 itu sedikit banyak tentu memberi dampak bagi masyarakat, terutama pada supir angkutan kota yang mata pencahariannya sebagian besar mengandalkan dari anak-anak sekolah.

Salah satu Supir Angkot, Umar Anto menyampaikan pendapatnya mengenai pengaruh kehadiran bis Si Mas Ganteng terhadap pendapatannya.

“Kalau pengaruhnya belum, masih belum kelihatan. Masalahnya ini kan juga sama-sama jalan. Insyaallah tidak ada penurunan. Mudah-mudahan tidak ada penurunan.” Ujarnya saat wawancara dengan kabartuban.com di depan Kantor Dinas Perhubungan Tuban.

Umar Anto juga menyampaikan harapannya pada pemerintah agar lebih selektif dalam mengambil keputusan supaya lebih mendongkrak ekonomi rakyat terutama untuk para supir angkutan kota dan angkutan desa.

Respon positif juga disampaikan oleh sebagian masyarakat mengenai armada baru ini, seperti yang disampaikan oleh Vita, salah satu warga yang sudah ikut merasakan fasilitas baru ini.

“Bagus sih, mempermudah anak-anak untuk berangkat sekolah, orang tua kan tidak terlalu terbebani untuk antar jemput. Fasilitasnya juga bagus kok. Juga, di dalamnya lengkap buat peralatan anak sekolah.” Ujar Vita, salah satu orang tua anak yang menjadi penumpang bis Si Mas Ganteng. (aza/zum)

/