SIG Salurkan 38 Ekor Sapi Kurban pada Momen Iduladha 1445 H

21
Penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh SIG kepada Pemkab Tuban

kabartuban.com – Pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menyalurkan 38 ekor sapi kurban melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Hewan kurban tersebut didistribusikan tidak hanya kepada 26 desa di sekitar perusahaan, tetapi juga kepada lembaga keagamaan dan instansi pemerintahan di Kabupaten Tuban.

Sebelum didistribusikan, hewan kurban tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan untuk memastikan kesehatannya sehingga dinyatakan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Semuanya sehat tidak ada tanda-tanda terkena virus. Sudah kita pastikan semua hewan kurban dari SIG dalam keadaan sehat, untuk itu secara otomatis dagingnya juga layak kosumsi,” jelas Doker Hewan Arif Andi yang bertugas memeriksa hewan sebelumnya, Sabtu (15/06/2024).

Dharma Sunyata, Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, menyatakan bahwa Iduladha merupakan momentum untuk bersyukur dan berbagi manfaat dengan sesama.

“Pengadaan hewan kurban oleh perusahaan setiap tahunnya juga diambil dari para peternak yang berada di wilayah sekitar perusahaan. Sehingga, hal ini menjadikan nilai tambah bagi peternak sekitar dan semakin berdaya usahanya,” lanjut Dharma.

Selain itu, SIG memastikan semua hewan kurban yang dikirimkan bebas dari penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) atau penyakit lainnya, sesuai rekomendasi dari dokter hewan. Bantuan hewan kurban melalui program CSR ini mencerminkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan menjadi inspirasi untuk berbagi dengan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, mengucapkan terima kasih kepada SIG atas kontribusinya. Tahun ini, Pemkab Tuban menerima 8 ekor sapi dari SIG. Hewan kurban tersebut akan disalurkan ke 20 kecamatan di Tuban, termasuk lembaga keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, serta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban.

“Setiap tahun, SIG rutin memberikan hewan kurban kepada panitia kurban Pemkab Tuban dan desa-desa di sekitar wilayah pengembangannya,” kata Budi Wiyana. (zum/ril)

/