Tahun ini, DD Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat

778
Ilustrasi. Anggaran Dana Desa

kabartuban.com – Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemeintah pusat untuk pembangunan desa harus mulai menyentuh masyarakatnya secara langsung, artinya dana ini tidak hanya untuk memperbaiki infra struktur desa, namun juga harus diarahkan kepada pemberdayaan masyarakat sebagai langkah peningkatan kesejahteraan.

“Harus mulai diarahkan ke pemberdayaan, salah satunya melalui pengembangan produk unggulan desa,” kata Drs.Mahmudi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Pemkab Tuban (10/4/2017).

Sayangnya kata Mahmudi, desa di Kabupaten Tuban, saat ini masih fokus pada pembangunan infra struktur desa, seperti jalan hingga gedung pendidikan dan sarana umum lainya. Maka pada untuk tahun depan mulai di arahkan pada peningkatan pendapatan masyarakat desa melalui produk unggulan atau usaha bersama lainya.

“Harapanya desa memiliki usaha yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, namun semua kami serahkan pada kebijakan desa, karena mereka yang tahu potensi desanya maaing-masing,” kata Mahmudi.

Terpisah, Kepala Desa Pucangan Kecamatan Montong, Santiko saat dikonfirmasi juga mengatakan, tahun ini DD yang didapat dari pemerintah pusat masih akan digunakan untuk infra struktur karena memang belum baik seluruhnya.

“Belum mas tahun ini masih infra struktur atau pembangunan fisik,” kata Santiko.

Kepala Desa lain yakni kepala Desa Tlogowaru, Tursila Budi Handayani mengatakan,  DD untuk tahun ini selain digunakan pembangunan prasarana desa, juga akan digunakan untuk Badan Usaha Desa (BUD) yang akan dikelola untuk masyarakat di Desa Tlogowaru. Harapanya BUD ini akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Secara administrasi serta pengelolaanya hampir sama dengan KOPWAN yang sudah berjalan dengan baik dan lancar di desa Tlogowaru” jelas Budi Handayani.

Disamping itu, lanjut Budi, Desa Tlogowaru yang saat ini sudah mengembangkan produk unggulan desa yakni budi daya Jamur dan pembuatan ceriping jagung dapat di kelola dengan baik melalui BUD yang ada.

“Harapanya produk yang sudah ada ini nanti bisa berkembang dengan pesat,” katanya. (Luk) 

/