Tahun Kedua, Pendidikan Karakter Remaja

565

kabartuban.com – Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban mendapatkan perhatian serius dalam pendidikan karakter remaja. Pemerintah Kabupaten Tuban menggandeng Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) untuk pendidikan karakter siswa SMA dan sederajat, setiap hari minggu pagi di Masjid Agung Tuban.

Kegiatan yang telah menginjak tahun kedua ini, mendapatkan apresiasi yang cukup bagus dari sejumlah kalangan termasuk tokoh massyarakat yang ada di Tuban. Pasalnya, kenakalan remaja di Tuban yang sudah cukup mengkhawatirkan masa depan pelajar, membuat banyak orangtua dan masyarakat resah.

Kepada kabartuban.com, Senin (10/8/2015), Ketua LDNU Tuban, Ashabul Yamin mengatakan, “Kegiatan ini merupakan prakarsa dari Pemkab, dalam hal ini Kesra, kemudian menggandeng kami (LDNU, red) sebagai pelaksana kegiatan,” tutur Yamin yang juga merupakan sekretaris MUI Kabupaten Tuban.

Menurutnya, kegiatan yang diikuti seluruh pelajar SMA dan sederajat di Tuban, secara bergiliran ini dikemas dengan acara motivasi religius dan kemudian dibuat forum – forum kecil yang didampingi sejumlah ustadz dari Nahdlatul Ulama.

Selain itu, pendidikan karakter remaja muslim ini juga dilakukan dengan membiasakan mereka untuk berkegiatan dan beraktifitas di Masjid. Sehingga, para pelajar nantinya memiliki pribadi yang sesuai dengan karakter muslim.

Sementara itu, salah satu tokoh agama di Tuban, KH. Muhdzir berpendapat, “Kegiatan ini sangat positif dan harus terus dikembangkan. Mendidik karakter pelajar memang tidak bisa hanya satu hari, tapi paling tidak ini bisa menjadi pemicu bagi anak – anak untuk lebih memperbaiki dirinya,” tutur  Kyai yang juga berprofesi sebagai guru tersebut.

Lebih lanjut Kyai Muhdzir mengatakan, “Kita tahu moralitas anak – anak sekarang ini semakin menurun, dan hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Kenakalan remaja semakin hari sudah semakin luar biasa, seperti kasus karnopen, sabu, narkoba, seks bebas, hingga tata krama anak – anak yang sudah sangat jauh dari yang seharusnya,” terangnya.

Kegiatan yang didakan setiap hari minggu pagi pukul 06.00 WIB di masjid Agung Tuban ini juga didukung secara langsung oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tuban serta Kementerian Agama di Tuban. (im)