Ternak Kambing Etawa, Bisnis Yang Menjanjikan

3
Jasmuri (50), peternak kambing Etawa, Desa Kapu, Tuban.

kabartuban.com – Mencoba peruntungannya di dunia ternak, rupanya membuat laki-laki paruh baya ini berhasil kembangkan usahanya. Bermula dari menjadi buruh ternak yang kemudian ia geluti ilmunya, nyatanya berhasil membuatnya mempunyai bisnis Kambing Etawa yang ia kembangkan sendiri.

Jasmuri (50) warga Desa Kapu, Merakurak, Tuban mencoba memulai beternak Kambing Etawa yang dimana menurutnya keuntungan yang diraup pun cukup lumayan. Menurutnya beternak kambing bukan dihitung dari hasilnya, tapi dari berkahnya. Bahkan membuka peternakan kambing etawa ini tidak hanya digemari oleh kalangan tua, melainkan dari pemula maupun pemuda.

“Insyaallah barang siapa yang mau beternak kambing kedepannya pasti berkah, maka dari itu kambing sangat digemari bukan hanya kalangan tua seperti saya, bahkan dari pemula maupun pemuda sangat menggemari etawa,” jelasnya saat ditemui di kediamannya, Selasa (9/11/2021).

Harga Kambing Etawa milik Jasmuri juga terbilang murah. Untuk harga kambing anakan dibanderol Rp3 juta sampai Rp4 juta rupiah. Sedangkan untuk kambing dewasa dibanderol Rp4 juta sampai Rp5 juta rupiah. Tidak hanya itu, Jasmuri juga menjelaskan bahwa Kambing Etawa miliknya juga pernah ditawar mencapai harga Rp16 juta rupiah.

Tidak hanya beternak Kambing Etawa, Jasmuri juga menjual susu yang dihasilkan dari kambing-kambingnya tersebut. Karena susu dari Kambing Etawa dinilai memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan.

“Susu etawa bukan hanya minuman segar, karena ini juga termasuk obat. Kadang ada pasien dari Rumah Sakit yang belum keluar, kemudian disarankan dokter untuk minum susu etawa dan Alhamdulillah sembuh,” tandasnya. (hin/dil)