Tim Kemiskinan Tuban Bakal Direvitalisasi

622
Bupati Tuban Fathul Huda (bersongkok) didamping Wabup Noor Nahar saat memberikan bantuan warga miskin pada program Gerdutaskin

kabartuban.com – Tim kemiskinan di Tuban bakal direvitalisasi, sehingga, kinerjanya akan lebih fokus dan dipertajam. Hal itu dilakukan mengingat angka kemiskinan mencapai 17,8 persen. Ditargetkan angka kemiskinan pada lima tahun ke depan diangka 12 persen.

“Tim kemiskinan itu sudah ada dan ketuanya saya. Tim ini bakal direvitalisasi, sehingga kenerjanya lebih tajam, “ terang Wabup Tuban, noor Nahar Hussein, Kamis (15/12/2016).

Masih terang Wabup,  salah nsatu tugas tim kemiskinan itu untuk menampung Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan besar yang ada di Tuban. Sehingga, dalam penyalurannya kepada masyarakat yang kurang mampu bisa tepat sasaran.

“Kemarin juga sudah kita bicarakan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk penaggulangan kemiskinan di Tuban,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, angka kemiskinan di Kabupaten Tuban pada tahun 2014 sebesar 16,64 %, namun di tahun 2015 angka kemiskinan di Kabupaten Tuban malah meningkat sebanyak 17,08 %. Posisi itu merupakan ranking ke-32 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Jadi untuk menekan angka kemiskinan tersebut, perlu adanya kerja keras dari semua pihak dan penekanan pada program  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam RPJMD 2016-1021,” paparnya.

Dikatakan oleh Noor Nahar, upaya penurunan angka kemiskinan secara tidak langsung diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan ke depan diharapkan angka yang ditargetkan harus terukur sesuai dengan data Basis Data Terpadu (BDT) Kabupaten Tuban sebagai tolak ukur kinerja di setiap SKPD. (har)

/