Tingkatkan Inovasi, UMKM di Tuban Ini Produksi Telur Asin Kukus

248
Yuyun Suprapti, Owner Telur Asin Kukus Tuban.

kabartuban.com – Telur asin memang menjadi salah satu makanan yang nikmat sebagai makanan pendamping atau diolah dengan bahan masakan lainnya. Terlihat sepele, namun tidak semua orang mampu membuat telur asin yang masir.

Di Kabupaten Tuban sendiri, terdapat usaha telur asin rumahan yang berada di Perumahan Bukit Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, dikelola oleh Yuyun Suprapti yang merupakan Owner produk Telur Asin Kukus Tuban, Kamis (7/7/2022)

Dalam proses pembuatan telur asin kukus tersebut, Yuyun mengaku banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, dimana ia merasa produknya yang dibuat olehnya terlalu biasa saja dan tidak memiliki kestimewaan.

“Banyak sekali rintangan pada saat itu salah satunya adalah telurnya biasa saja tidak ada istimewanya, kemudian saya berpikir bagaimana caranya akan produk yang saya buat punya ciri khas tersendiri,” terangnya.

Baca Juga: Pandai Manfaatkan Peluang, UMKM Tambakboyo Raih Omset Puluhan Juta

Dengan berbagai upaya pengembangan usahanya, ia membuat inovasi agar telur asin yang dibuatnya memiliki daya tahan lebih lama dan dapat digunakan sebagai oleh-oleh khas Tuban yang dapat dibawa oleh wisatawan yang berkunjung ke Tuban.

“Dengan cara pengukusan itu bisa membuat telur asin bertahan lebih lama yaitu 10 hari di luar lemari es, kemudian saya juga mempermak kemasan agar semakin cantik untuk bisa dijadikan oleh-oleh,” ucapnya.

Lanjut Yuyun Supriati, dalam sehari, ia mampu memproduksi telur asin kukus setidaknya 150 hingga 300 butir. Dalam usahanya tersebut, ia juga memiliki banyak reseller yang memasarkan produknya. Tidak heran jika dalam satu bulan ia dapat meraup omzet hingga belasan juta.

” Saya menjual telur asin kukus dengan 2 kemasan yang pertama isi 5 dengan kemasan mika saya bandrol perbijinya Rp 3500, sedangkan untuk kemasan karton dengan paper bag yaitu Rp 40.000 isi 10 butir,” jelasnya.

Kemasan Telur Asin Kukus

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap dapat membawa Brand Telur Asin Kukus UD. Bening dapat merambah ke kancah yang lebih luas lagi dan dapat membawa telur asin yang diproduksinya ini menjadi oleh-oleh yang banyak diminati banyak orang.

“Saya berhadap usaha saya dapat berkembang dan dikenal banyak masyarakat serta dapat membuka lapangan pekerjaan kepada banyak orang,” harapnya. (hin/dil)

/