Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Pelatihan PTK

527
Salah satu praktik dari Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Pusat Belajar Guru, Jalan Panglima Sudirman, Tuban.

kabartuban.com – Guna meningkatkan kopetensi sebagai tenaga pendidik, sebanyak 79 guru dari sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten Tuban mengikuti Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Pusat Belajar Guru, Jalan Panglima Sudirman, Tuban selama dua hari, mulai hari ini hingga besok (13-14/5/2017).

Hal tersebut seperti yang disampikan oleh pendamping program Zaskia, pelatihan tersebut menjadi elemen penting terhadap peningkatan mutu pendidikan, khususnya di Kabupaten Tuban .

“Wujud nyata dari keprofesionalan guru adalah kompetensi mereka, sehingga kompetensi ini yang harus terus menerus ditingkatkan,” kata Zaskia (13/5/2017).

Dijelaskan, kualitas pembelajaran ditentukan oleh kualitas guru dalam berinovasi memberikan pendidikan, diantaranya guru harus menguasai substansi materi yang diajarkan, menguasai metode pembelajaran termasuk inovasi didalamnya.

“Salah satu metodenya adalah dengan PTK karena dapat dilakukan mandiri dan dikaitkan dengan tugas mengajar sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Ike salah satu peserta asal SMA 1 Soko mengatakan, pelatihan guru memberikan pengalaman baru baginya, karena hal tersebut sebagai bekal memberikan pendidikan kepada anak didiknya disekolah. Disamping itu pelatihan juga menambah wawasanya sebagai bekal dalam melaksanakan tugas menjadi tenaga pendidik.

“Banyak memberi motifasi PTK yang terus tertang kami belum punya, semoga dari sini kami memahami, kemudian menghasilkan produk pendidikan, kemudian memberi semangat agar pembelajaran lebih baik disekolah,” kata guru SMA 1 Soko ini.

Untuk diketahui, program School Development Progam (SDP) tersebut sudah berjalan hampir tiga tahun, beberapa program yang sudah dijalankan dan diadakan oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF)  dengan suport dana dari salah atu perusahan Migas bekerjasama dengan Pemkab Tuban ini diantaranya perbaikan infrastruktur tempat belajar, manajemen pembelajaran guru, peningkatan kapasitas siswa dengan program ekstrakkurikuler. (Luk)

/