Tuban Masuk Dalam Segitiga Emas Pusat Pertumbuhan Industri Jatim

5669
Ilustrasi : merdeka.com

kabartuban.com ­- Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Timur, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur, RB Fattah Jasin akan menjadikan Lamongan, Tuban dan  Bojonegoro sebagai Segitiga Emas pusat pertumbuhan industri di Jawa Timur.

“Minimal 10 tahun kedepan Tuban akan menjadi salah satu pertumbuhan industri di Jawa Timur,” terang RB Fattah Jasin kepada kabartuban.com, Kamis (07/4/2016).

Untuk itu, RB Fattah Jasin menjelaskan, dalam arahan amanah RTRW Jawa Timur,  tata ruang di wilayah Tuban juga harus dirinci hingga ke wilayah-wilayah kecamatan untuk pengembangan industri.

“Karena itu amanah, maka harus mengarahkan wilayah ini menjadi kawasan industri, jadi pikiran kita harus bisa memberikan fasilitas apa ? infrastruktur apa ? yang dibutuhkan oleh industri,” tegasnya.

Dalam memfasilitasi yang dibutuhkan industri, RB Fattah Jasin meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk tidak menggunakan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan(LP2B). Sebab, lahan tersebut untuk pertanian berdaulat dibidang pangan.

“Karena bapak Presiden  ini punya target untuk yang namanya berdaulat dibidang pangan, kalau kita tidak bisa mengamankan tempat produksi yang menjadi gudang pangan, Jawa Timur akan goyah, Indonesia akan goyah,” tandasnya.

RB Fattah Jasin menambahkan, selain berdaulat dibidang migas, Tuban bersama Kabupaten-Kabupaten lain sudah diukur untuk potensi dibidang pangan. (har)

/