Uji Coba Mesin Boiler Selesai, PLTU Hasilkan 700 MW Listrik

445
Ilustrasi : pln.co.id

kabartuban.com – Uji coba mesin boiler penghasil uap untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-awar Jenu, Tuban telah selesai dilakukan. Uji coba mesin baru yang akan digunakan sebagai penggerak turbin dan generator listrik tersebut lebih cepat dari perkiraan sebelumnya yakni 10 hari.

“Uji coba mesin sudah selesai, ini memang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya,” ujar Warsidi, selaku Kepala Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Hubungan Masyarakat (Humas) dan Lingkungan kepada kabartuban.com (Kamis, 21/04/2016).

Ia menjelaskan bahwa, uji coba yang dimulai sejak Jumat (11/04/2016) pekan lalu itu ternyata hanya membutuhkan waktu lima hari dan mesin sudah dinyatakan sesuai standar ileh tim ahli.

“Tim  ahli mesin sudah menyatakan baik dan sesuai standar, makanya uji coba dinyatakan selesai pada hari kelima,” jelasnya.

Setelah uji coba selesai dan mesin dinyatakan sesuai standar, langkah selanjutnya adalah commisioning (semacam pemeriksaan) dan menyiapkan peralatan pendukung sebelum menghubungkan mesin boiler dengan turbin dan generator listrik.

“Setelah proses ini akan dilakukan proses commisioning, jika semua dinyatakan baik dan seluruh komponen pendukung selesai maka mesin akan aktif untuk menghasilkan uap,” kata Warsidi.

Mesin boiler unit uda yang telah dinyatakan sesuai standar ini akan memproduksi listrik 350 MW, jumlah tersebut sama dengan yang dihasilkan oleh mesin boiler unit satu.

“Jika dua mesin ini nyala, PLTU Tanjung Awar-awar akan menghasilkan 700 MW listrik. Jumlah itu bukan hanya untuk Tuban namun juga akan dihubungkan dengan jaringan listrik Jawa-bali,” tutup Warsidi. (lk/riz)

/