Warga Keluhkan Drainase Jebol, Kadis PUPR-PRKP: Minggu Ini Diperbaiki

226
koandisi Gorong-gorong yang rusak, jika ada hujan mengakibatkan banjir ke warung warga

kabartuban.com – Di beberapa titik jalan yang ada di Kabupaten Tuban rupanya masih sering ditemui genangan air saat terjadi hujan deras. Hal ini dipicu karena buruknya drainase yang mengalami kerusakan. Salah satunya yang terjadi di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo tepatnya di Kawasan Masjid Al-Falah Kabupaten Tuban.

Keluhan tersebut dilontarkan salah satu masyarakat Kabupaten Tuban di media sosial facebook. Pasalnya kerusakan tersebut sudah terjadi selama kurang lebih satu bulan. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban masih belum menanggapi atau bahkan melakukan perbaikan.

postingan salah satu akun media sosial di fb

“Teman-teman maaf ini ada gorong-gorong yang sudah rusak satu bulan lebih. Apakah Pemkab tidak tahu? Apakah tidak mau memperbaiki gorong-gorong yang rusak seperti ini. dampaknya ada warung yang setiap hujan tergenang banjir,” keluh pemilik akun @Bre Ibrahim Attubany di media sosial Facebook.

Mengkonfirmasi hal tersebut, pemilik warung, Johari (40) mengatakan bahwa saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi membuat warungnya sering mengalami kebanjiran lantaran drainase tersebut tidak cukup untuk menampung debit air.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Dihantui Kasus Baru, KPK Bakal Tindaklanjuti

“Itu seharusnya dibongkar, nggak bisa kalau ditumbun-timbun aja. Ini sudah berlangsung kurang lebih dua bulan, jadi yang arah ke jalan itu buntu akhirnya dari sini masuk ke rumah saya,” terangnya saat di wawancarai, Selasa (16/08/2022).

Menurut Johari air yang menggenang tersebut membuat warungnya mengalami kebanjiran, diduga juga salah satu penyebabnya buntunya saluran air tersebut disebabkan karena sampah.

“Air dari Karang Indah terus Puri kesini semua kumpulnya mungkin karena sampah-sampah juga dan kabel-kabel,” tegasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PRKP) Agung Supriyadi menyebutkan bahwa telah dilakukan survei di lokasi rusaknya drainase.

“Kemarin sudah di survei oleh teman-teman Bidang Cipta Karya, rencananya dalam minggu ini ditangani perbaikannya,” jelasnya. (hin/dil)