PPBI Tuban Selenggarakan Kontes Bonsai

debu7kontes bonsai 035kabartuban.com – Ratusan pohon bonsai berbagai jenis dan ukuran dikonteskan di Tuban. Seni unik yang memikat hati karena keindahan pemandangan alam ini, diikuti penggemar dari berbagai daerah untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Berbagai macam ide kreatif para pengegemar bonsai dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ini berdatangan untuk mengadu karya bonsainya. Mereka berkompetisi mengejar nilai prospek, regional, madiya, utama, hingga kelas bintang, Jum’at (14/2/2014).

Dalam pameran dan kontes bonsai yang sengaja digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) cabang Tuban ini diikuti oleh ratusan peserta.

Sementara itu,  pohon yang dikonteskan sangat beragam jenisnya. Mulai dari jenis pohon serut, trembesi, cemara laut, santegi, panggang dan pohon asam jawa. Masing – masing bonsai memiliki ciri khas yang berbeda dan menampilkan pemandangan yang unik dan apik.

Selain keindahan pohon, dalam kontes ini juga mengangkat panorama alam jenis bebatuan. ide kreatif para pengegemar bonsai ini sengaja membuat lika liku batang hingga ranting pohon yang hidup bebas di atas batu, layaknya pemandangan alam yang sesungguhnya.

Salah seorang panitia penyelenggara, Weni mengatakan, “Diharapkan dengan kontes ini, para penggemar bonsai dapat meningkatkan ide kreatifnya dan membawa pohonnya hingga kelas bintang, untuk diikutkan kontes tingkat  internasional yang rencananya akan berlangsung Oktober mendatang,” ungkapnya di sela kegiatan.

Di lain pihak, dewan juri kontes bonsai yang juga pengurus PBBI pusat, Rudi Nayoan mengakui bahwa para pengemar bonsai di beberapa daerah di indonesia memiliki inovasi baru dan kreatiitas yang dapat meningkatkan keberadaan bonsai nasional maupun internasional.

“Diharapkan dengan adanya kontes bonsai ini, para pengemar bonsai dapat mempertahankan bonsainya masing masing dan nantinya dapat diwakilkan ke kontes internasional,” ucap Rudi. (af/im)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close