Satu Pasien Corona Tuban Sembuh, Lima Kasus Positif Baru Menyusul

Update Sabtu Corona Tuban

kabartuban.com – Satu orang pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Tuban dinyatakan sembuh dan pulang dari RSUD dr. Koesma Tuban. Setelah pulang dari Rumah Sakit, pasien yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Tuban tersebut kemudian menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Setelah satu kesembuhan diumumkan, lima kasus baru positif Covid-19 di Tuban terkonfirmasi. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Virus Corona di Kabupaten Tuban saat ini terakumulasi Sembilan orang, Sabtu (09/05/2020).

Pasien perempuan (35) tersebut diketahui berasal dari Kecamatan Jatirogo. Pasien tersebut dinyatakan positif pada 13 April 2020 dengan hasil swab mandiri yang diakukan di RS swasta di Surabaya, kemudian menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr. R Koesma.

“Pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh, untuk memastikan lagi kondisi sudah benar – benar sehat, maka tetap diharapkan isolasi mandiri di rumah dan menerapkan physical distancing,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, yang juga merupakan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Tuban.

Endah Nurul Komariyati juga menyampaikan, jika sesuai protokol kesehatan, sebenarnya yang bersangkutan tidak harus melaksanakan isolasi mandiri lagi karena sudah dinyatakan sembuh. Namun isolasi mandiri selama 14 hari tetap dilakukan untuk lebih memastikan kesembuhannya.

Setelah satu pasien tersebut tersebut, data pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban seketika melonjak setelah Pemerintah Propinsi Jawa Timur merilis penambahan 5 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Tuban. Sehingga jumlah kasus positif Covid-19 di Tuban menjadi 9 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Tuban Endah Nurul Komariyati mengatakan, data penambahan 5 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut setelah keluarnya hasil tes swab, yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Dari kelima kasus positif baru tersebut, satu diantaranya sudah meninggal dunia, yaitu perempuan (57) asal Parengan yang sebelumnya berstatus PDP dan meninggal dunia tanggal 30 April 2020, yang bersangkutan termasuk cluster Pasar Bojonegoro.

Kemudian perempuan (44) dan laki-laki (48) asal Kecamatan Tuban, yang memiliki riwayat kontak erat dengan PDP asal Tuban yang meninggal pada 24 April 2020. PDP yang meninggal tersebut tidak dilakukan swab, namun hasil rapid test positif.

Selanjutnya 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari cluster Pondok Pesantren Al-Fattah Temboro Magetan, laki – laki usia (19) asal Montong dan laki – laki (15) asal Parengan. Sebelumnya pada cluster yang sama telah dinyatakan positif pada 29 April 2020.

Hingga saat ini, data Diskominfo Kabupaten Tuban per 8 Mei 2020 pukul 18.00 WIB mencatat, 592 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 455 diantaranya selesai dipantau. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terhitung 35 orang, dinyatakan ngatif/sembuh sebanyak 13 orang, dan 7 orang meninggal dunia. Sedangkan kasus positif Virus Corona (Covid-19) berjumlah 9 orang, 1 orang dinyatakan sembuh, dan 2 orang meninggal dunia. (im/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close