Terinspirasi Wisata Kampung Cokelat

488

kabartuban.com – Belakangan ini, banyak sekali bermunculan wisata petik buah di Kabupaten Tuban. Salah satunya, Agropolitan Kebun Belimbing di daerah Tasikmadu, Kecamatan Palang yang sekarang bisa menjadi alternatif wisata keluarga sekaligus edukasi untuk anak-anak.

Wisata agropolitan yang terletak di sebelah Timur Kabupaten Tuban tersebut sekarang menjadi sorotan para wisatawan untuk menikmati liburan sekaligus lebih dekat dengan alam.

Yahya, salah satu pengelola Wisata Agropolitan Kebun Belimbing, mengatakan, awal mula membuat wisata tersebut adalah termotivasi dari Kampung Cokelat di daerah Malang yang ternyata ramai dan diminati oleh pengunjung.

“Sekitar tahun 2015, pernah jalan-jalan ke Kampung Cokelat, disitu saya melihat hanya beberapa pohon cokelat saja, tapi bisa menarik wisatawan banyak sekali. Akhirnya kita terinspirasi untuk merubah sistem kita dari perkebunan murni menjadi tempat wisata petik buah,” kata Yahya.

Diatas tanah seluas sekitar 15 hektar, saat ini tertanam lebih dari enam ribu pohon, yang bisa dipanen tiga kali dalam setahun, dan setiap pohon dapat menghasilkan kurang lebih 40kg dalam sekali panen.

“Dulu satu pohon bisa menghasilkan sampai satu 100 kg, sekarang maksimal hanya 30 kg – 40 kg saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yahya menjelaskan, wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari Tuban, tetapi dari beberapa kota di luar Tuban yang juga mulai penasaran dengan wisata agropolitan tersebut.

“Pengunjung banyak yang dari Surabaya, Gresik. Kemarin ada dari Rembang dan Pati Jawa Tengah. Utamanya ya warga Tuban sendiri,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Sakti, wisatawan asal Surabaya, mengatakan, wisata petik buah harus digalakkan sehingga dapat mengundang wisatawan lain untuk datang ke Tuban, agar bisa menikmati libur akhir pekan sekaligus dapat berwisata alam.

“Wisata seperti ini harus digalakkan, agar banyak wisatawan yang datang ke Tuban dan bisa menambah pendapatan,” tutupnya. (Dil/Kh)

Apa Komentarmu?

SHARE