Sepuluh Hektar Hutan dan Lahan di Semeru Terbakar

28
kebakaran hutan di lahan gunung Semeru

kabartuban.com – Petugas gabungan dari TNI, Polri dan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) datangi lokasi kebakaran lahan yang terjadi di Desa Argosari, Sendoro, Kabupaten Lumajang untuk berusaha memadamkan api agar tidak terus menjalar.

Lokasi titik kebakaran terjadi di lereng pegunungan sejak Minggu (18/9/2022) dan jauh dari pemukiman warga sehingga tidak terdampak langsung kepada warga sekitar.

“Terjadi kebakaran di Desa Argosari dengan luas sekitar 10 hektare. Lokasi yang terbakar tersebut merupakan vegetasi rumput,” ucap Plt Kepala Bidang Wilayah II TNBTS Wisnu Untoro kepada awak media Selasa (20/9/2022).

Baca juga : Warga Binaan Lapas Tuban Terima Sosialisasi UU Pemasyarakatan Terbaru

Para petugas sempat alami kesulitan untuk padamkan api karena medan yang curam dan jauh dari sumber mata air namun akhirnya api berhasil dipadamkan pada selasa siang.

“Petugas gabungan sempat kesulitan untuk memadamkan api karena lokasi yang sulit dan jauh dari sumber air, namun kini api sudah bisa dipadamkan,” ungkap Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Dari kejadian ini polisi mengamankan satu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang diduga kuat sebagai pemicu terjadinya kebakaran. ODGJ membakar kayu di lereng gunung untuk menghangatkan badan.

“Kami amankan orang dengan gangguan jiwa yang membakar kayu dan kami bawa ke polsek Senduro untuk selanjutnya kami serahkan ke dinas sosial,” ujar Dewa.

ODGJ tersebut dibawa oleh polisi untuk selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Sosial Lumajang.

/