May Day, Sarbumusi Gandeng SPN Gelar Donor Darah

700
Acara jalan sehat yang dilaksanankan Sabumusi dan SPN Kabupaten Tuban, di Lapangan Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Hari buruh sedunia atau lebih dikenal dengan May Day, yang digelar Serikat Buruh Muslimin-NU Indonesia (Sarbumusi) dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tuban di kawasan Kilang Tuban Desa Wadung, Kecamatan Jenu sedikit berbeda dari biasanya.

Pasalnya peringatan May Day yang selama ini kerap diwarnai aksi turun kejalan untuk menyuarakan keluh-kesah para buruh itu kini menjadi melakukan jalan sehat dan aksi sosial donor darah. Sedikitnya 2.000 pekerja dan warga sekitar turut serta dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah agenda jalan sehat dalam memperingati May Day pagi ini disambut positif oleh ribuan warga sekitar,” ungkap Ketua Sarbumusi Tuban, Muhammad Irchamsyah saat ditemui dilapangan Desa Wadung Senin (1/5/17).

Lebih lanjut Ircham menjelaskan pihaknya tidak sekedar melakukan jalan sehat serta kegiatan donor darah, tapi juga mengelar talk show di Pujasera Jalan Kalijaga Tuban (30/4/17) kemarin. Hal tersebut diharapkan mampu menampung semua harapan para pekerja/buruh, disamping itu untuk meningkatkan kapasitas serta wawasan dalam menyambut industrialisasi di kawasan Jenu.

“Jalan Sehat ini kita lakukan untuk menyambut industrialisasi, terutama menyambut kilang kapasitas 320-400 Barel Per Hari (Bph) patungan Pertamina-Rosneft yang sebentar lagi akan dibangun konstruksinya,” ucapnya.

Kepala Desa Wadung, Sasmito yang turut serta dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada Sarbumusi dan SPN yang mengagas kegiatan ini, selain menyehatkan bagi tubuh, juga menjadi ajang silaturrahmi dapat bertatap muka dengan perwakilan perusahaan di wilayahnya, dengan merangkul semua elemen masyarakat ini sangat positif.

“kegiatan seperti ini kan mampu menjaga suasana kondusif di wilayah Jenu, disamping itu kita bisa memulai hidup sehat dengan rajin berolahraga,” jelas mbah Mito sapaan akrab Kades Wadung ini.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban, Sunarto, yang membuka dan memberangkatkan jalan sehat berpesan kepada para buruh untuk terus beradaptasi belajar menyesuaikan perkembangan teknologi industri yang berkembang semakin cangih.

“Kami berharap para pekerja atau buruh mampu turut berkembang sesuai kemajuan teknologi, lebih kreatif serta menjunjung tinggi martabat Bumi Wali,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban ini. (pul/im)

/