768 Pelajar dan Santri Tuban, Ikuti Napak Tilas HSN 2017

768
Para Pelajar dan Santri saat berdoa sebelum melakukan perjalanan (Napak Tilas) yang diberangkatakan oleh Ketua DPRD Tuban.

kabartuban.com – Ratusan santri dan pelajar dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban mengikuti Istiqosah dan Napak Tilas makam para Waliyullah (Auliya’). Kegiatan yang digelar oleh PAC GP Ansor Kecamatan Semanding ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017 dan menyambut peringatan Hari Jadi Tuban (HJT) yang ke 724.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar, ada 768 pelajar dan santri yang mengikuti Napak Tilas tadi malam hingga siang ini,” kata Lasiadi salah satu panitia saat dikonfirmasi kabartuban.com (29/10/2017).

Lebih lanjut diterangkan, kegiatan Napak Tilas yang mengambil start Lapangan Watu Gajah Semanding bekerjasama dengan PC GP Ansor Kabupaten Tuban ini selain menempuh jarak 35 kilometer yang diberangkatkan oleh Ketua DPRD Tuban, HM. Miyadi,S.Ag.MM, para perserta juga diwajibakan berziarah ke 13 (tiga belas) makam para Waliyullah di Bumi Wali Tuban.

“Selain memperingati HSN 2017 dan menyambut HJT ke 724, kita ingin menanamkan pada para pelajar dan santri serta mengenang akan perjuangan Waliyullah dalam menyebarkan Agama Islam,” terang Lasiadi.

Tidak hanya itu, para kedar muda Nahdlatul Ulama (NU) ini juga berharap dengan melakukan ziarah ke makam para Auliya’ melalui Napak Tilas ini, para santri dan pelajar ini bisa mengamalkan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah An Nahdliyah.

“Para pelajar dan santri ini selain kita wajibkan berziarah ke makam Makas Sunan Bonang, makam Syech Maulana Abdullah Asy’ari atau Sunan Bejagung Lor, Sunan Bejagung Kidul dll, juga membersihkan makam para pejuang, ini kita lakukan juga agar para peserta memeiliki rasa Nasionalisme, serta pengenalan terhadap obyek wisata religi,” timpal Khusnul Akhirobin yang juga panitia inti dari kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bambang Sumardiono Camat Semanding dalam sambutanya berharap pada para pelajar dan santri yang mengikuti kegitan tersbeut ini bisa mengambil hikmah dari Napak Tilas tersebut.

“Banyak sekali makam para Waliyullah dan Pejuang kemerdekaan di wilayah Kecamatan Semanding, oleh karena itu, kami berharap para pelajar dan santri ini bisa mengambil hikmah dari perjalan tengah malam ini,” kata Bambang Sumardiono.

Hadir dalam pelepasan peserta Napak Tilas, selain Ketua DPRD dan Camat Semanding, hadir juga Ketua Umum Koni Kabupaten Tuban H. Mirza Ali Manshur,ST., MM, Pengurus Harian PC GP Ansor, Khoirul Huda, H. Moch. Affandi, S.Ag, (Wakil Ketua), Jamal Ghofir, MA, Ida Mustofa, SE (Wakil Sekretaris), Muhaiminsyah (Koordinator PC Rijalul Ansor). (Dur/Kh)

/