99 Cades di Tuban Ikuti Deklarasi Damai

643

kabartuban.com – Ikrar Damai dan Pilkades Aman, diikuti oleh 99 orang calon kepala desa dari 36 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Tuban. Bertempat di Pendopo Krido Manunggal, Tuban, Rabu (23/11/2016), acara tersebut digelar menjenlang pelaksanaan kampanye yang akan dimulai tanggal 30 November besok.

Mahmudi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintahan Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Kabupaten Tuban, mengatakan bahwa keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karenanya, dia menegaskan agar ikrar yang sudah dilakukan tidak hanya menjadi formalitas, namun dapat diimplementasikan dengan melaksanakan kegiatan pemilihan dengan baik.

“Ini sebagai langkah awal menjelang kampanye besok, dimana calon harus dapat melaksanakan kegiatan kampanye dengan baik,” katanya.

Untuk itu, Mahmudi, berharap agar kegiatan ini dapat menjadi sinergitas antara calon kepala desa dan para stakeholder untuk menjaliin komunikasi, bersama-sama mengawal pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 desember mendatang, serta menjaga keamanan selama pilkades berlangsung, hingga kegiatan selesai.

“Harapannya, para calon kepala desa dapat menjaga ketertiban di masing-masing daerahnya, agar pelaksanaannya dapat berjalan kondusif,” ujar Mahmudi.

Hal itu didukung oleh Komandan Kodim Letkol Infantri Sarwo, yang mengatakan bahwa pihak TNI akan membackup keamanan pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Tuban, serta turut menciptakan suasana aman pada pelaksanaan pilkades pada desember mendatang.

“Kami dari Kodim siap backup keamanan pilkades,” ujarnya.

Diketahui bersama, pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Tuban sudah memasuki tahapan pengumuman para calon, untuk selanjutnya akan dilaksanakan kampanye pada tanggal 30 Desember.(lk/din)

/