AFD Sambut Baik Adanya Pertandingan Futsal

1014

kabartuban.com – Pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Futsal dalam Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) IV Tuban tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban disambut baik oleh Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Tuban.

Dalam hal ini, Anang Eko Wicaksono, Selaku Ketua Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Tuban mengatakan, diselenggarakannya cabor futsal dalam  Porkab tahun ini tentunya membantu agenda AFD agar olahraga futsal di Bumi Wali ini terkoordinir dengan baik.

“Selama ini kita sudah mulai berkoordinir dengan tim, menata konsep dan melakukan pembenahan. Salah satunya Porkab ini kita manfaatkan dengan baik untuk menjaring pemain yang ada di seluruh Kabupaten Tuban,” ungkapnya saat ditemui wartawan kabartuban.com di lokasi Porkab, Sabtu (29/10/2016).

Lebih lanjut Anang mengatakan, pihaknya sudah menyelenggarakan agenda tersendiri diluar Porkab dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk mengembangan skill atlet-atlet futsal, terlebih bagi wasit.

“Kemarin kita sudah melaksanakan kualifikasi liga, kita juga sudah melaksanakan coaching terutama wasit. Makanya mulai saat ini kita buka peluang besar bagi masyarakat yang tahu atau paham mengenahi futsal bisa masuk anggota AFD Tuban untuk kita seleksi,” tuturnya.

Anang juga berdalih bahwa masyarakat harus membedakan antara atlet futsal dengan atlet sepakbola, karena yang terjadi di Tuban saat ini kedua atlet tersebut dicampur adukkan sehingga tidak dapat fokus dengan salah satu Cabor yang ada.

“Kita sangat menyayangkan ketika ada atlet yang menyandang dua status, seharusnya dibedakan antara atlit futsal dan atlet sepakbola. Contohnya hari ini, atlet futsal dari salah satu tim yang tidak bisa bermain lantaran bentrok dengan jadwal Porkab Cabor sepakbola. Kita harap kedepannya tidak terjadi lagi hal yang seperti ini,” ujarnya.

Masih terang Anang, pihaknya berharap agar kedepannya pengelolaan futsal di Bumi Wali lebih teratur, lebih baik lagi. Meskipun olahraga futsal sudah dikenal masyarakat luas, namun belum terkoordinir sehingga masyarakat yang hoby futsal hanya sekedar bermain dan belum memahami sistem ataupun peraturan-peraturan yang ada di Cabor futsal secara mendalam. Dari ajang Porkab ini juga termasuk seleksi bagi bibit-bibit muda atlet futsal yang ada di Tuban.

“Diharapkan nanti tata kelola olahraga futsal yang ada di Tuban bisa terkelola dengan baik, muncul bibit-bibit atlet muda yang mampu membesarkan nama Bumi Wali di Cabang Olahraga Futsal,” tutupnya. (din/har)

 

/